7 Manfaat Talas bagi Kesehatan yang Luar Biasa

Pertanianku — Talas diyakini sebagai salah satu tanaman yang paling awal dibudidayakan oleh manusia. Talas juga merupakan bahan makanan yang dapat memberikan berbagai manfaat bagi orang yang mengonsumsinya. Beberapa manfaat talas sebagai berikut.

manfaat talas
Foto: Google Image
  1. Mengendalikan gula darah

Umbi talas adalah makanan yang akan kaya serat. Serat makanan memiliki potensi untuk mempertahankan kadar gula darah dengan mengendalikan produksi insulin dalam tubuh. Oleh karena itu, orang yang menderita diabetes tipe 2 dianjurkan untuk mengonsumsi umbi talas ini secara teratur.

  1. Melancarkan pencernaan

Tingginya serat makanan yang ditemukan di umbi talas membuatnya sangat penting untuk mendukung kesehatan pencernaan kita. Serat makanan dapat membantu menambah jumlah tinja sehingga membantu makanan bergerak melalui saluran pencernaan dan memfasilitasi pencernaan yang lebih baik. Ini dapat membantu mencegah kondisi tertentu seperti kelebihan gas, kembung, kram, sembelit, dan bahkan diare.

Loading...
  1. Menjaga kesehatan jantung

Umbi talas mengandung tingkat kalium (potassium) dan mineral tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Kalium tidak hanya memfasilitasi transfer cairan yang sehat antara membran dan jaringan di seluruh tubuh, tetapi juga membantu menghilangkan stres dan tekanan pada pembuluh darah dan arteri.

Dengan mengendurkan pembuluh darah dan arteri, tekanan darah dapat dikurangi sehingga tekanan pada keseluruhan sistem kardiovaskular juga akan berkurang.

  1. Menjaga kesehatan indra penglihatan

Umbi talas mengandung berbagai anti-oksidan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Anti-oksidan tersebut di antaranya beta-karoten dan cryptoxanthin yang dapat membantu meningkatkan penglihatan dengan mencegah radikal bebas menyerang sel mata yang dapat menyebabkan degenerasi makula atau katarak.

  1. Mencegah penyakit kanker

Anti-oksidan seperti beta-karoten dan cryptoxanthin yang terkandung dalam umbi talas dalam melindungi sel tubuh kita dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Anti-oksidan ini dapat menetralkan radikal bebas yang ada dalam tubuh. Radikal bebas bertanggung jawab atas kerusakan sel yang berkembang dan dapat menyebabkan mutasi sel atau berubah menjadi sel kanker.

  1. Menjaga kesehatan kulit
Baca Juga:  Manfaat Jahe Bisa Mengatasi Hipertensi

Vitamin A dan E yang terdapat pada umbi talas memiliki manfaat besar bagi kulit kita. Vitamin-vitamin ini meningkatkan pembentukan sel-sel kulit baru yang sehat dan meningkatkan kehidupan sel-sel kulit yang merosot. Dengan mengonsumsi umbi talas secara teratur, Anda dapat mengurangi munculnya noda dan kerutan pada kulit. Umbi talas juga dapat membantu meningkatkan proses penyembuhan kulit.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Salah satu manfaat terpenting dari umbi talas untuk kesehatan adalah perannya dalam sistem kekebalan tubuh. Umbi talas memiliki tingkat vitamin C yang tinggi dalam setiap sajiannya.

Vitamin ini membantu merangsang sistem kekebalan untuk membuat sel darah putih yang melindungi tubuh dari patogen dan melawan berbagai penyakit infeksi. Selain itu, vitamin C bertindak sebagai anti-oksidan yang dapat membantu memperkuat kekebalan tubuh kita terhadap penyakit.

Loading...
Loading...