7 Tanaman Hias Paling Diminati dan Punya Harga Fantastis


Pertanianku — Berbicara tentang tanaman hias, maka tak hanya soal bunganya. Ada beberapa tanaman hias yang terlihat cantik karena daunnya, yakni tanaman hias daun. Nah, apa saja sih jenis tanaman hias yang paling diminati?

tanaman hias yang paling diminati
Foto: Google Image

Beberapa daun yang memiliki keindahan banyak dikoleksi oleh para penggemar tanaman hias daun. Berikut ini ulasan beberapa tanaman hias paling diminati.

  1. Tanaman Anthurium

Jenis tanaman ini sangat populer dan memiliki kelebihan pada bagian daunnya. Tampilan daunnya yang indah dan bervariasi membuat tanaman jenis ini banyak sekali peminatnya.

Anthurium memiliki filosofi yang mewakili keindahan, keberuntungan, perlindungan, dan melawan kejahatan. Karena itu, tanaman ini tidak salah bila diberikan label tanaman hias yang populer dengan harga yang cukup mahal.

  1. Tanaman Aglaonema

Tanaman yang dikenal juga dengan nama Sri Rejeki ini biasanya memiliki masa tren selama 2 tahun. Meskipun demikian, tanaman ini masih saja banyak yang peminatnya, terlebih lagi jika ada petani yang berhasil mengawinkan silang dan mendapatkan varian baru dengan corak daun yang beragam.

Berbagai spesies dari tanaman ini di antaranya Red Silver, Chocin, Miss Thailand, Param Ruay, Pink Panther, Pride of Sumatera, Donna Carmen, dan Lady Valentine. Pink Panther merupakan spesies yang harganya paling mahal.

  1. Tanaman Philodendron

Tanaman ini dipercaya orang akan menggeser dominasi dari anthurium dan aglaonema, hal tersebut disebabkan tanaman hias ini memiliki batang yang unik dan jenis bunganya yang cukup banyak. Dari banyaknya spesies tanaman ini, spesies Cardinal Black-lah yang merupakan jenis yang paling banyak digemari. Harga dari tanaman ini pun lebih murah ketimbang anthurium dan aglaonema sehingga tanaman ini bisa dijadikan alternatif yang bisa Anda gunakan untuk menghias rumah.

  1. Tanaman Sansevieria
Baca Juga:  Cara Membuat Bonsai Beringin yang Cantik

Tanaman ini memiliki bentuk yang indah dan akar yang kuat, bahkan dapat mencegah erosi. Dengan bentuknya yang unik, yaitu terdapat lekukan pada bagian daunnya membuat tanaman ini memiiki harga yang cukup tinggi. Semakin unik bentuknya, akan semakin mahal harganya di pasaran.

  1. Tanaman Puring

Tanaman yang biasa disebut dengan nama Kroton ini banyak ditemui di pekarangan rumah. Puring memiliki warna daun yang bervariatif di antaranya merah, ungu, hijau, kuning, dan jingga. Jenis yang paling banyak dicari adalah Red Aple, Logam, Oscar, Puring Anting Raja, Puring Arjuna, Puring Asmara Jingga, dan jenis Puring Kura.

  1. Tanaman Nepenthes

Di Indonesia, tanaman ini lebih dikenal dengan nama Kantong Semar. Tanaman yang termasuk familia monotipik ini memiliki banyak jenis. Ada sekitar 200 jenis tanaman nepenthes. Tanaman yang bisa kita temukan di Pulau Kalimantan ini memiliki bentuk yang unik, yaitu memiliki kantong yang dapat menangkap serangga. Habitat tumbuhnya adalah di sekitar gunung.

  1. Tanaman Kadaka

Tanaman ini khas dari Indonesia. Jenis dari tanaman ini yang paling laris adalah Kadaka Keriting, Kadaka Osaka, dan Kadaka Ular. Tanaman ini merupakan jenis pakis dan sering disebut sebagai pakis sarang burung, daun dari tanaman ini berbentuk seperti bulu ayam besar dan halus. Semakin besar dan halus daunnya, harga dari tanaman ini akan semakin mahal.

loading...
loading...