8 Herbal Ini Ampuh Meringankan Peradangan Sendi


Pertanianku — Arthritis atau peradangan sendi adalah kelainan yang terjadi pada sendi tubuh dan memiliki hingga 100 jenis yang berbeda. Nyeri sendi akibat arthritis dapat dikurangi dengan berbagai obat herbal. Berikut ini berbagai herbal untuk meringankan peradangan sendi yang Anda derita.

peradangan sendi
Foto: Shutterstock

1. Kentang

Kentang telah digunakan sebagai obat arthritis sejak berabad-abad lalu. Ambil kentang berukuran sedang dan potong menjadi irisan tipis. Rendam irisan kentang di dalam segelas air dingin semalaman. Berikan air tersebut kepada pasien pada pagi hari dalam kondisi perut yang masih kosong.

2. Jus nanas

Jus nanas juga bisa meringankan nyeri pada orang yang menderita arthritis. Enzim yang dikenal sebagai bromelain yang terkandung dalam nanas bermanfaat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan.

3. Biji wijen

Biji wijen sangat efektif untuk mengurangi rasa sakit akibat radang sendi. Ambil satu sendok teh biji wijen dan rendam semalam dalam secangkir air. Berikan larutan wijen ini kepada pasien di pagi hari.

4. Bawang putih

Bawang putih merupakan antiseptik alami dan memiliki banyak manfaat kesehatan. Bawang putih bisa dimakan mentah atau dimasak bersamaan dengan berbagai makanan. Herbal ini memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu Anda mengurangi rasa sakit. Bawang putih merupakan pelarut asam urat yang menjadi salah satu penyebab radang sendi.

5. Alfalfa

Alfalfa merupakan salah satu obat herbal untuk arthritis. Secangkir teh minuman alfalfa terbukti menjadi ramuan yang bermanfaat untuk arthritis. Ambil satu sendok teh biji alfalfa dan didihkan dalam secangkir air. Konsumsi tiga atau empat kali sehari untuk meringankan arthritis.

6. Jahe

Jahe merupakan herbal yang memiliki banyak khasiat. Minuman jahe dan mengompres dengan jahe adalah cara termudah untuk mengatasi pembengkakan akibat radang sendi.

Baca Juga:  Manfaat Ikan Tongkol Ternyata Luar Biasa Lho!

7. Seledri

Makan seledri mentah atau yang sudah dimasak merupakan salah satu cara melawan rematik. Seledri kaya mineral dan mengandung lebih dari 25 senyawa anti-inflamasi.

8. Kunyit

Pigmen pada kunyit yang disebut curcumin memiliki efek anti-inflamasi sehingga efektif untuk meredakan peradangan akibat arthritis.