8 Jenis Bahan Baku Daging Sintetis untuk Vegetarian

Pertanianku — Daging merupakan sumber protein hewani yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Akan tetapi, sumber protein hewani tersebut menjadi kendala tersendiri bagi kalangan vegetarian. Nah, untuk menyiasatinya, ada 8 jenis bahan baku daging sintetis yang bisa menggantikan daging hewani bagi vegetarian, seperti berikut ini.

baku daging sintetis
Foto: Google Image
  1. Gluten

Hasil dari pengolahan tepung terigu yang diuleni hingga kalis, lalu dibilas berkali-kali di bawah air mengalir hingga dihasilkan sari pati tepung yang bertekstur kenyal seperti daging. Bahan ini sangat populer di kalangan vegetarian karena sangat mudah untuk didapatkan dan pembuatannya yang tidak sulit jika dikerjakan sendiri di rumah. Bahan dari gluten ini bisa diolah menjadi masakan seperti rendang, bakso, dan sate.

  1. Kedelai

Proses pembuatannya adalah kedelai diolah menjadi tepung bubuk yang kemudian dicampur dengan gluten yang terbuat dari terigu. Olahan ini bisa menghasilkan otak-otak, drumstick, nugget ayam, steak, dan bebek.

Loading...
  1. Jantung pisang

Jantung pisang dikupas, direndam, dicuci dan diolah bisa menjadi dendeng dan abon.

  1. Jambu mete

Yang diolah adalah daging buah jambu mete. Pengolahannya dilakukan dengan mengupas kulit, kemudian direndam untuk menghilangkan getah. Selanjutnya, daging buah jambu mete dapat diolah menjadi dendeng dan empal.

  1. Jamur

Jenis tanaman yang rasa dan bentuknya sangat mirip daging dengan tingkat kekenyalan dan serat yang menyerupai daging. Bagian yang sangat mirip dengan daging adalah bagian batang pada jamur tiram dan seluruh bagian pada jamur kuping. Jamur sangat cocok digunakan sebagai olahan daging seperti tumis daging dan daging cincang.

  1. Rumput laut

Rumput laut diolah menjadi bubuk dan dicampur dengan sedikit tepung terigu sehingga rasa yang dihasilkan nyaris menyerupai olahan daging seperti ikan asin, bakso ikan, udang, dan cumi-cumi.

  1. Jagung
Baca Juga:  Tips Mengolah Kikil, Anti-amis dan Anti-alot

Olahan ini sudah banyak terdapat di pasaran dengan nama proteina. Ada tiga bentuk jagung, yaitu cincangan, kasar, dan irisan. Mengolahnya juga tidak sulit, hanya direndam menggunakan air panas. Jika sudah mengembang, bilas kembali dengan air hingga bersih sebelum diolah menggunakan bumbu. Olahan ini bisa dibuat seperti daging giling, daging burger, dan nugget.

  1. Kolang-kaling

Buah kolang-kaling dibalurkan dengan garam dan didiamkan beberapa menit agar bau langu hilang. Selanjutnya, bilas dan rebus menggunakan air kapur sirih agar teksturnya menjadi kenyal padat. Setelah itu, bilas menggunakan air bersih, dan kolang-kaling siap digunakan sebagai pengganti olahan hewani seperti kikil.

Loading...
Loading...