8 Jenis Sayuran yang dapat Diolah Menjadi Bihun, Kwetiau, dan Sohun

Pertanianku — Saat ini sudah marak mi sehat yang dibuat dari berbagai macam jenis sayuran sehingga mi tersebut memiliki warna yang menarik mengikuti warna sayuran yang digunakan. Tidak hanya mi, bihun, kwetiau, dan sohun juga dapat dibuat dari berbagai macam jenis sayuran. Berikut ini beberapa jenis sayuran yang dapat menginspirasi Anda untuk membuat beragam bihun, kwetiau, dan sohun yang menarik.

kwetiau
foto: pertanianku

Bit

Umbi bit berwarna merah pekat dan mengandung unsur antikarsinogenik yang mampu menangkal sel kanker dalam tubuh. Umbi bit mengandung zat besi tinggi yang berfungsi untuk membersihkan darah dan membuang lemak yang tersimpan. Bit juga kaya akan kalium yang berfungsi untuk menjaga tekanan darah. Warna merah yang pekat akan membuat bihun, kwetiau, dan sohun berwarna merah.

Wortel

Wortel kaya akan kandungan vitamin A dalam bentuk beta karoten dan mampu memenuhi seluruh kebutuhan betakaroten dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Warna wortel yang cenderung kuning oranye membuat mi yang dibuat dengan wortel akan berwarna kuning oranye.

Bayam

Bayam merupakan sayuran yang terkenal dengan kandungan serat karoten yang tinggi. Bayam merah mengandung vitamin A, B, C, E, dan asam folat. Seluruh kandungan dalam daun bayam berguna untuk kesehatan tubuh. Jika menggunakan bayam hijau, warna mi akan berubah jadi hijau. Sementara, jika yang digunakan berupa bayam merah, warna mi akan berubah jadi merah.

Katuk

Daun katuk mengandung senyawa fitokimia sehingga berkhasiat menjadi obat. Daun mengandung tujuh senyawa aktif yang mampu mensintesiskan hormon steroid.

Kacang merah

Kacang merah biasa diolah menjadi sup yang banyak mengandung serat makanan. Serat tersebut berguna untuk memangkas kelebihan kolesterol dengan cara mengikat LDL. Selain itu, kacang merah mengandung banyak asam folat yang baik untuk tubuh.

Baca Juga:  Langkah Mudah Budidaya Jamur Merang dalam Ruangan

Jagung

Jagung kaya akan vitamin A, B1, B2, B3, B6, dan C. Jagung juga kaya akan kandungan mineral seperti fosfor, besi, dan magnesium. Jagung juga berkhasiat untuk mengurangi kelebihan kolesterol dalam tubuh.

Kacang hijau

Kacang hijau mengandung banyak protein, yakni sebesar 24 persen sehingga dapat digunakan sebagai sumber protein nabati yang baik.

Kedelai

Sama seperti kacang hijau, kacang kedelai mengandung protein cukup tinggi sekitar 38 persen sehingga baik menjadi sumber protein pengganti daging.


loading...