8 Manfaat Kurma, Primadona di Bulan Puasa

Pertanianku — Di momen bulan puasa seperti sekarang ini, salah satu buah yang paling digemari dan banyak dikonsumsi adalah kurma. Hal ini karena manfaat kurma sangat baik untuk menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah puasa sebulan penuh. Kurma memiliki segudang vitamin dan nutrisi di dalamnya yang membuatnya sangat cocok dikonsumsi untuk mencukupi asupan ketika berpuasa. Berikut ini sejumlah manfaat sehat dari kurma, melansir Boldsky.

manfaat kurma
Foto: Pixabay
  1. Meningkatkan energi dengan cepat

Kurma merupakan buah yang bisa membantu Anda tetap berenergi. Kandungan tinggi glukosa, fruktosa, dan sukrosa pada kurma mampu memberikan Anda suntikan energi dengan cepat.

  1. Menambah berat badan secara sehat

Jika dikonsumsi secara teratur, kurma dapat membantu Anda dalam meningkatkan berat badan secara sehat. Kandungan zat gula sehat, vitamin, dan protein di dalamnya memiliki kemampuan untuk meningkatkan berat badan.

  1. Memperkuat tulang

Kandungan mineral di dalam kurma mampu membantu memperkuat tulang serta melawan osteoporosis. Kurma juga mengandung selenium, mangan, dan tembaga yang semuanya berkontribusi meningkatkan kepadatan tulang.

  1. Meredakan sembelit

Kurma merupakan buah yang disarankan bagi para penderita sembelit. Pasalnya, kurma kaya dengan serat sehat yang meningkatkan pergerakan usus sehingga mampu meredakan sembelit.

  1. Meningkatkan elastisitas kulit

Kurma mengandung vitamin A dan vitamin P. Kedua vitamin ini memiliki manfaat penting untuk meningkatkan elastisitas kulit serta mencegah timbulnya garis halus atau kerutan di kulit Anda.

  1. Menurunkan tekanan darah

Kurma juga merupakan buah yang kaya dengan kandungan kalium dan magnesium. Kandungan dua hal itu bisa membantu menurunkan tekanan darah.

  1. Mengobati anemia

Kurma tinggi zat besi, vitamin C, dan B6. Semua vitamin ini sangat baik untuk merangsang produksi hemoglobin sehingga dapat membantu dalam mengobati anemia.

  1. Mencegah sejumlah penyakit
Baca Juga:  Belimbing Wuluh Berpotensi Menjadi Antivirus

Kurma segar tidak mengandung kolesterol dan rendah kalori. Kandungan kalori dalam kurma hanya sekitar 23 kalori. Selain itu, buah ini terkenal memiliki sifat penyembuhan terutama dalam melindungi tubuh dari kerusakan sel, mencegah penyakit stroke dan jantung, serta mencegah kanker.


loading...