8 Trik Jitu Beternak dan Bisnis Sapi Perah

Pertanianku Bisnis sapi perah merupakan bisnis yang menjanjikan karena permintaan susu sapi tidak ada matinya, selalu ada saja. Jika tidak bisa dijual ke perusahaan susu sapi besar, para peternak masih bisa menjualnya langsung ke pelanggan, asalkan susu sapi yang dihasilkan tetap terjaga kualitasnya. Berikut ini beberapa trik jitu yang bisa memudahkan Anda beternak dan bisnis sapi perah.

bisnis sapi perah
foto: pertanianku

Gunakan jenis sapi berkualitas

Untuk mendapatkan susu berkualitas, Anda memerlukan jenis sapi penghasil susu yang berkualitas juga. Anda bisa menggunakan sapi perah asli Australia atau New Zealand yang memiliki kualitas unggul.

Loading...

Berikan alas pada kandang

Untuk menghindari cedera atau luka pada sapi saat tidur atau bangun tidur, sebaiknya berikan alas kandang yang berupa karpet karet. Alas ini membuat sapi tidak bersentuhan langsung dengan lantai kandang yang terbuat dari semen.

Pakan

Berikan pakan berkualitas dan bernutrisi yang dapat merangsang produksi susu lebih banyak. Saat ini Anda bisa menggunakan beragam jenis pakan alternatif yang bisa Anda dapatkan dengan mudah. Pakan yang berkualitas akan menentukan performa susu yang dihasilkan.

Ampas tahu

Ampas tahu berguna untuk menjaga kestabilan produksi susu. Oleh karena itu, pada masa produksi sebaiknya berikan ampas tahu ke dalam formula pakan.

Lakukan peternakan sesuai SOP

SOP (Standard Operating Procedure) merupakan standar yang dibuat dengan baik. Untuk menghasilkan produksi susu yang baik, Anda harus menjalankan prosedur peternakan sesuai dengan SOP. Hindari menjual sapi betina yang masih memproduksi susu. Hal ini sama saja dengan menjual aset berharga.

Pemasaran

Pemasaran susu sapi terbilang cukup mudah jika kualitas susu yang dihasilkan baik. Anda bisa memasarkan susu melalui koperasi atau memasarkan langsung ke konsumen.

Baca Juga:  Langkah Mudah Mengobati Itik yang Cacingan

Perhatikan tingkah laku sapi

Tingkah laku yang aneh dapat menyebabkan produksi susu menurun. Jika terjadi pada sapi, Anda sebaiknya telisik lebih dalam apa penyebabnya. Sapi bisa berubah karena faktor genetik, perubahan formula pakan yang terjadi mendadak, dan kebutuhan nutrisi yang tidak terpenuhi. Jika diatasi sedini mungkin, Anda bisa menyelamatkan sapi tersebut.

Sapi afkir

Sapi yang sudah tidak bisa menghasilkan susu, sebaiknya diafkirkan saja dan bisa dijual sebagai tambahan pemasukan bagi para peternak.

 

Loading...
Loading...