9 Tumbuhan Langka dan Terancam Punah Milik Indonesia


Pertanianku — Indonesia memiliki kekayaan alam yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Namun, penjarahan dan pembangunan besar-besaran di abad ini menyebabkan adanya spesies tumbuhan langka dan terancam punah.

tumbuhan langka
Foto: Pixabay

Nah, untuk menjaga kelestarian alam negeri kita, mari kenali tumbuhan-tumbuhan langka dan terancam punah di Indonesia agar Anda tahu dan turut peduli dengan kelestariannya.

  1. Kantong semar

Kantong semar (Nepenthes) adalah tumbuhan karnivora yang memangsa serangga seperti lalat, lebah dan nyamuk. Kantong semar merupakan salah satu tumbuhan langka yang perlu dilestarikan. Kantong semar punya bentuk yang unik karena akan membuka dan memangsa serangga di sekitarnya saat dewasa.

  1. Anggrek tebu

Anggrek tebu (Grammatophyllum speciosum) adalah anggrek terbesar di dunia dan tercatat di Guinness World Records. Anggrek ini juga disebut anggrek harimau karena punya corak belang layaknya harimau. Sering juga disebut anggrek raksasa dan anggrek ratu karena ukurannya yang sangat besar, jika dibandingkan dengan anggrek-anggrek lain.

  1. Bunga padma raksasa (Rafflesia arnoldii)

Meski jadi bunga besar yang memesona saat mekar, padma raksasa ternyata mengeluarkan bau yang busuk. Meski begitu banyak orang yang penasaran ingin melihatnya. Sayangnya, bunga ini hanya mekar selama tujuh hari, kemudian mati. Tumbuhnya pun acak. Jadi, beruntung kalau Anda bisa melihatnya mekar.

  1. Bunga edelweiss jawa

Bunga edelweiss jawa (Anaphalis javanica) atau bunga abadi yang tidak membusuk, meski dipetik. Bunga indah ini dulunya banyak bermekaran di pegunungan daerah Jawa, seperti Gede, Pangrango, dan Papandayan. Namun, sayangnya bunga ini banyak dipetik oleh para pendaki hingga kini menjadi langka.

  1. Daun payung

Daun payung (Johannesteijsmannia altifrons) memiliki daun yang sangat besar, lebar, dan kuat. Tumbuhan ini dinamai berdasarkan penemunya, Profesor Teijsman. Daun ini sering tumbuh di daerah Sumatera dan dijadikan atap dan dinding rumah karena ukurannya yang besar.

  1. Cendana

Cendana (Santalum album) yang memiliki aroma harum dan sering dijadikan parfum, rempah-rempah serta obat herbal. Cendana yang jadi inspirasi nama jalan kediaman keluarga Presiden kedua RI, Soeharto, ini termasuk tumbuhan langka. Itu karena kecambah cendana adalah tumbuhan parasit yang membutuhkan inang untuk bisa hidup. Belum lagi karena kepopulerannya sehingga banyak dipanen orang.

  1. Pohon damar

Pohon damar (Agathis dammara) adalah pohon yang kokoh, kuat, dan panjang. Pohon ini banyak ditebang karena karakteristiknya yang panjang dan kuat untuk keperluan membangun rumah dan furnitur.

  1. Pohon ulin

Pohon ulin (Eusideroxylon zwageri), tumbuhan asli Kalimantan ini memiliki batang yang kuat. Sama seperti damar, pohon ulin banyak ditebang untuk keperluan konstruksi bangunan seperti rumah, jembatan, dan kapal.

  1. Pohon tengkawang

Pohon tengkawang (Shorea) memiliki biji yang menghasilkan minyak. Pohon tengkawang berasal dari Kalimantan dan terancam punah karena jumlahnya yang kian terbatas.