Vitamin C Hilang Saat Puasa, Ganti dengan Konsumsi Kiwi


Pertanianku — Saat puasa, Anda harus tetap memerhatikan asupan makanan yang optimal. Salah satu makanan yang penting dalam menjaga kesehatan selama berpuasa adalah buah. Pasalnya, konsumsi kiwi bisa bantu mengganti vitamin C yang hilang saat puasa.

konsumsi kiwi
Foto: Shutterstock

Kiwi merupakan salah satu buah yang dapat dijadikan kudapan bergizi saat Ramadan. Kandungan serat yang sangat tinggi dalam kiwi sangat tepat disantap saat sahur supaya Anda merasa tetap kenyang lebih lama.

Ahli Gizi Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, Sp. GK (K) mengatakan, konsumsi buah saat sahur dapat dilakukan, baik saat mengawali maupun saat menjelang akhir waktu sahur.

“Berbeda dengan saat berbuka puasa,” kata dia dalam media briefing yang digelar Zespri International Limited, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurut Fiastuti, saat berbuka itu dianjurkan untuk mengawali dengan asupan makanan atau minuman yang sifatnya manis. Setelah mengonsumsi sejumlah makanan yang manis, itulah saat yang tepat untuk mengonsumsi buah.

Kiwi yang umunya berukuran mungil ini dianjurkan menjadi hidangan pelengkap saat berbuka puasa karena dapat meningkatkan vitalitas dan mengembalikan vitamn C yang hilang usai berpuasa.

Apalagi, kandungan vitamin C dalam kiwi sangat penting bagi tubuh dan dapat memperbaiki imunitas. Selain itu, kiwi juga optimal dalam meningkatkan pembentukan kolagen yang sangat baik bagi kesehatan kulit.

Baca Juga:  Khasiat Cumi-Cumi Ternyata Sangat Banyak, Lho!