Ada Kembaran Buah Salak, Buah Apa Itu?


Pertanianku — Setiap buah memiliki ciri khas masing-masing entah itu dilihat dari kulit, tekstur daging, biji, bahkan rasanya. Namun tahukah Anda, ada kembaran buah salak, lho. Buah apakah itu?

kembaran buah salak
Foto: Google Image

Nama buah tersebut ialah aguaje. Jika disandingkan, buah aguaje mirip dengan buah salak. Pasalnya, kulit kedua buah ini sama-sama bersisik. Selain tumbuh di Hutan Amazon, buah ini juga banyak ditemukan di Kolombia, Peru, Bolivia, Brazil, dan Ekuador.

Menurut para ahli kecantikan dunia, salah satu rahasia kecantikan wanita Peru adalah karena mereka tumbuh besar dengan mengonsumsi buah ini.

Tak heran jika buah aguaje dibilang mirip dengan salak. Sebab, tanaman buah ini berasal dari keluarga palem-paleman.

Perbedaan dari kedua buah ini akan terlihat hanya saat kulitnya dikupas. Bagian kulit luar aguaje warnanya merah, sedangkan salak berwarna cokelat kehitaman. Ketika dikupas, bagian dalam aguaje berwarna kuning dan teksturnya berbeda dengan salak.

Aguaje mengandung 3 kali jumlah vitamin A yang dimiliki wortel, buah ini juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Selain itu, minyak dari buah ini mengandung asam lemak esensial dengan kadar yang tinggi.

Banyak orang percaya bahwa buah ini banyak mengandung esterogen. Karena itu, laki-laki dianjurkan untuk membatasi mengonsumsi buah ini.

Buah aguaje dapat diolah menjadi berbagai makanan atau camilan. Buah ini bisa diolah menjadi selai, es krim, dijadikan jus buah, atau diolah menjadi minyak. Disamping itu, aguaje juga bisa diolah untuk mengatasi luka bakar.

Baca Juga:  Langkah Mudah Menanam Jengkol di Lahan Sempit