Ada Kura-Kura Raksasa di Gunung Kerinci


Pertanianku – Keberadaan kura-kura berukuran raksasa dengan panjang berkisar satu meter menjadi pemandangan yang langka jika mendaki Gunung Kerinci di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat. Pada ketinggian 2.000 mdpl terdapat sekitar enam pasang kura-kura berukuran besar. Saat terjadi musim kawin hewan ini akan mudah ditemukan. Oleh karena banyak terdapat kura-kura di wilayah tersebut, kawasan tersebut dinamakan lembah kura-kura.

Ada Kura-Kura Raksasa di Gunung KerinciJalur yang dilalui dari Solok Selatan menuju puncak Kerinci juga sangat layak dikunjungi. Selain ketersediaan sumber air yang banyak, panorama alamnya juga masih masih asri. Hutan tersebut masih sangat asri dan belum terjamah manusia. Selain pendaki, Bupati Solsel Muzni Zakaria, juga sangat terpana dengan adanya lembah kura-kura tersebut.  “Entah bagaimana naik dan turunnya hewan itu. Atau jangan-jangan itu jelmaan kura-kura ninja,” ungkap Muzni.

Muzni mengaku akan mempersiapkan segala sesuatu terkait peresmian jalur pendakian gunung Kerinci melalui Solsel. “Kita akan melakukan koordinasi dengan para pecinta alam. Apa saja yang dibu­tuhkan kita bantu,” ujar Muzni.

Baca Juga:  Indonesia Krisis Petani, Bupati Luwu Utara Ajak Kaum Millenial Bertani Kakao
loading...
loading...