Adakah Peluang dari Bisnis Sapi?


Pertanianku – Dari usaha penggemukan sapi selama 120 hari, Mahfudz Sungkar dapat menangguk laba bersih Rp9,6 juta hingga Rp10,4 juta. Laba tersebut diraih peternak di Desa Sumber Lor, Cirebon, Jawa Barat itu dari hasil penjualan delapan ekor sapi berbobot 370—420 kg/ekor. Sapi-sapi jenis simmental, PO, dan brahman cross itu semula digemukkan dari bakalan berbobot 250—300 kg/ ekor yang dibeli Mahfudz senilai Rp5,5 juta—Rp6 juta/ekor.

Kotoran Sapi Sebagai Pupuk Kandang

Tren menggemukkan sapi potong mulai menggeliat sejak 2007. Peternaknya tidak terkonsentrasi di Pulau Jawa, tetapi sudah meluas hingga ke Sumatera, Kalimantan, Nusa Tenggara, dan Sulawesi. Hal itu dipicu oleh rendahnya produksi sapi potong nasional.

Menurut Fauzi Luthan, Direktur Ruminansia Direktorat Jenderal Peternakan Kementerian Pertanian, kebutuhan daging nasional pada 2009 mencapai 390.000 ton atau setara dengan 2,1 juta ekor. Dari jumlah itu produksi lokal hanya 1,1 juta ekor. Selisih kekurangan sebesar 1  juta ekor itu antara lain dipenuhi oleh impor sapi yang mencapai 700.000 ekor.

Saat ini tingkat konsumsi daging sapi di Indonesia berkisar1,8—2 kg/kapita/tahun. Jumlah itu jauh lebih rendah dibandingkan dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura yang masingmasing mencapai 7 kg/ kapita/tahun dan 25 kg/ kapita/tahun. Menurut anggota dewan Asosiasi Pengusaha Feedlotter Indonesia (APFINDO) dengan konsumsi 1,8 kg/ kapita/tahun dan asumsi jumlah penduduk 230 juta pada 2009, saat ini dibutuhkan 414 juta kg daging sapi. Angka itu bila dikonversikan menjadi sapi hidup setara dengan 2.406 juta ekor.

Pasar sapi memang terbuka lebar. Sebagai contoh, kebutuhan sapi potong di Cirebon  tahun 2010 mencapai 40—50 ekor/hari dengan kenaikan setiap tahun diproyeksikan sebanyak 10—20%. Dari jumlah itu, hanya 10% yang dipenuhi peternak setempat.

Baca Juga:  Kenapa Sapi Brahman Harus Diperlakukan Khusus?

Sisanya dipasok dari peternak di Kabupaten Banyumas dan Pati, Jawa Tengah. Saat ini  diperkirakan populasi sapi di Cirebon mencapai sekitar 2.000 ekor. Bila  rumah potong hewan setempat mengandalkan populasi itu, hanya dalam tempo dua bulan seluruh sapi di Cirebon akan habis. Idealnya populasi di Cirebon yakni sekitar 55.000 ekor.

 

Sumber: Buku Agriflo Sapi

 

loading...
loading...