Adaptasikan Arwana dengan Lingkungan

Pertanianku – Setibanya di rumah, arwanadapat langsung dimasukkan ke dalam akuarium. Sebelum itu, arwana perlu diadaptasikan terlebih dahulu dengan lingkungan barunya. Setidaknya, terdapat dua lingkungan baru yang harus dihadapi arwana, yaitu lingkungan dalam akuarium—terkait dengan kualitas air—dan lingkungan di luar akuarium, misalnya keramaian orang yang berlalulalang di sekitar akuarium.

Adaptasikan Arwana dengan Lingkungan

Oleh sebab itu, terdapat beberapa langkah yang dilakukan dalam proses adaptasi, sebagai berikut:

1) Bersihkan kemasan ikan bagian luar dari kotoran, lalu masukkan ke dalam akuarium.

2) Biarkan kemasan arwana tersebut mengapung selama 2—3 jam.

3) Buka ikatan kemasan dan miringkan agar air akuarium akan bercampur dengan air dalam kemasan secara perlahan-lahan. Biarkan arwana berenang keluar dengan sendirinya.

4) Tutup setiap sisi akuarium dengan karton atau styrofoam. Biarkan arwana beradaptasi dengan lingkungan barunya selama enam jam. Pada tahap ini, jangan menyalakan lampu akuarium.

5) Setelah enam jam berlalu, nyalakan lampu akuarium dan biarkan selama 1—2 jam.

6) Setelah arwana terlihat tenang dan menikmati suasana baru tersebut, buka karton atau styrofoam perlahan-lahan. Sebagai catatan, jangan memberikan pakan saat langkah-langkah adaptasi tersebut dilakukan. Setelah 1 x 24 jam, berikan pakan hidup yang mengapung seperti katak, ulat jerman, atau jangkrik.

 

Sumber: Buku Arwana

Baca Juga:  Jangan Sampai Salah, Begini Cara Memberikan Pakan Ikan Arwana yang Tepat

loading...