Aeschynanthus Radicans Punya Bunga Mirip Lipstik


Petanianku — Tanaman bunga memang banyak jenisnya. Keanekaragaman itu diperlihatkan dari bunga yang dihasilkan oleh tanaman tersebut. Apakah Anda pernah mendengar tentang aeschynanthus radicans?

aeschynanthus radicans
Foto: Google Image

Aeschynanthus radicant adalah tanaman yang menghasilkan bunga yang bentuknya mirip lipstik berwarna merah dalam tube tanpa tutup ketika bunganya masih kuncup. Maka, tak heran, tanaman ini disebut tanaman bunga lipstik.

Aeschynanthus radicant atau tanaman bunga lipstik merupakan tanaman rambat yang daunnya kecil, tapi berbunga banyak. Tanaman bunga ini sering ditanam dalam pot gantung untuk menghiasi teras rumah.

Dalam pot itu, batangnya jatuh menjuntai ke bawah dan terlihat cantik sekali. Karenanya, tanaman ini disebut juga basket vine yang artinya tanaman rambat dalam keranjang.

Bunganya berbentuk seperti lipstik dalam tube terbuka ketika belum mekar. Nah, yang dimaksud dengan tube pada bunga ini sebetulnya kelopak bunga itu sendiri. Sementara, “lipstiknya” adalah mahkota bunga yang masih kuncup. Setelah mekar, bunga ini bisa bertahan selama dua minggu.

Tanaman bunga lipstik berasal dari hutan hujan tropis di Asia tenggara dan Amerika Selatan. Di tempat asalnya, tanaman ini termasuk tanaman epifit, yaitu tanaman yang tumbuh dengan cara menumpang pada tumbuhan lain. Sama seperti tanaman anggrek.

Biasanya, tanaman bunga lipstik ditemukan tumbuh di sudut cabang pohon dan mendapatkan makanan dari daun juga ranting yang telah gugur.

Karena merupakan tanaman epifit, sebagai tanaman hias, bunga lipstik ditanam dalam media tanam berupa batang pakis dan humus. Persis seperti media tanam untuk bunga anggrek.

Baca Juga:  Cara Menanam dan Merawat Monstera Delciosa