Agar Tanaman Jahe Tumbuh Subur, Begini Cara Mengolah Lahan yang Benar

Pertanianku — Saat Anda memutuskan untuk membudidayakan tanaman jahe, langkah penting yang harus diperhatikan adalah kondisi lahan. Tanah yang semula subur harus diperbaiki agar tingkat kesuburannya kembali. Berikut ini langkah-langkah penting yang harus Anda lakukan untuk membuat tanah perkebunan menjadi subur.

tanaman jahe
foto: Pixabay

Mengenali kondisi lahan

Anda harus mengetahui kondisi lahan karena kondisi tersebut dapat memengaruhi pengolahan yang harus dilakukan. Pasalnya, pengolahan lahan yang landai berbeda dengan lahan yang miring.

Perlakuan lahan

Perlakuan lahan untuk jahe harus disesuaikan dengan kondisi, baik lahan, kapasitas usaha, ataupun kemampuan keuangan. Anda bisa mengolah lahan menjadi bentuk guludan/bedengan atau hamparan. Lahan bentuk guludan dikhususkan untuk lahan dengan sistem drainase yang buruk. Misalnya, lahan yang sering terkena limpasan atau genangan, baik dari air hujan maupun sumber air lainnya seperti sungai, waduk, rawa, atau danau.

Pencangkulan

Pencangkulan merupakan proses membolak-balikkan tanah. Dalam praktiknya, proses pencangkulan dilakukan bersamaan dengan pembuatan guludan. Pencangkulan ini sangat penting karena bisa menggemburkan tanah atau meremah tanah, memudahkan oksigen udara masuk ke tanah, memudahkan penyerapan zat-zat makanan yang diberikan melalui tanah, dan membunuh gulma atau rerumputan.

Pengapuran

Tahap ini sangat penting untuk memperbaiki tanah sesuai dengan kebutuhan tanaman jahe. Selain itu, pengapuran berfungsi untuk menghambat munculnya penyakit. Jenis kapur yang biasa digunakan adalah kapur tohor, kapur labor, dan kapur dolomit. Agar pemberian kapur efektif, Anda perlu mencari tahu terlebih dahulu kondisi pH tanah dan jenis kapur yang akan digunakan.

Pemupukan

Pemupukan berfungsi untuk menggemburkan tanah dan tanaman yang akan ditanam. Selain itu, pemupukan berfungsi sebagai penyedia unsur hara, menjadi media tumbuh bagi mikroorganisme, dan menambah oksigen dalam struktur tanah.

Baca Juga:  Penanaman 4 Kali Setahun untuk Genjot Stok Beras di Tengah Perubahan Iklim

Proses budidaya jahe memang cukup panjang dan harus dilakukan dengan benar agar tanaman jahe tumbuh subur. Buku Jahe Produksi Hingga 25 Ton dapat menjadi panduan Anda ketika ingin mulai budidaya jahe skala komersial. Di dalamnya terdapat beragam informasi penting tentang budidaya hingga analisis usaha budidaya jahe. Anda bisa langsung mendapatkannya dengan menghubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya atau berkunjung ke Shopee Mall Penebar Swadaya.