Agroekologi Sirsak serta Perbanyakan Tanamannya


Pertanianku – Tanaman sirsak tumbuh baik di dataran rendah bertipe iklim lembap hingga dataran tinggi 1.000 m dpl. Di dataran beriklim kering, tanaman masih mampu tumbuh dan berbuah, asalkan air tanah dangkal (kurang dari 150 cm). Curah hujan yang sesuai antara 1.500—2.000 mm/tahun dengan musim kemarau 4—6 bulan.

Mengenal Hama Tanaman Sirsak

Namun, srikaya (Squamosa sp. L.) yang merupakan kerabat terdekat dengan sirsak, sangat tahan terhadap iklim kering 6—8 bulan kering. Derajat keasaman (pH) tanah yang baik bagi tanaman sirsak antara 5,5—7, tetapi dapat tumbuh pada semua tipe tanah. Tanah subur lebih disenangi oleh tanaman ini.

Tanaman sirsak dapat diperbanyak dengan cara okulasi atau sambung pucuk. Perbanyakan dengan biji tidak dianjurkan karena tanaman mulai berbuah pada umur enam tahun. Dengan bibit okulasi, tanaman dapat berbuah pada umur tiga tahun. Okulasi pada tanaman sirsak lebih mudah karena kulit batang mudah dikupas. Sebagai batang bawah digunakan semaian biji sirsak. Biasanya, setelah tanaman berumur delapan tahun lebih, produksinya akan menurun.

Sumber:  Buku Berkebun 26 Jenis Tanaman Buah

Baca Juga:  Cara Budidaya Jahe Gajah dalam Polibag
loading...
loading...