Wahana Baru di Kebun Binatang Monarto Adelaide Buat Merinding


Pertanianku — Pernahkah Anda membayangkan bertatap muka dengan salah satu pemangsa paling ganas di dunia seperti singa? Pengalaman ini sekarang bisa Anda rasakan di Kebun Binatang Monarto, Adelaide, Australia Selatan.

Kebun Binatang Monarto
Google Image

Sebuah kandang baru untuk menyaksikan satwa di kebun binatang kini telah dibuka di Kebun Binatang Monarto dekat Adelaide, Australia Selatan (SA). Wahana baru ini memungkinkan pengunjung untuk berjalan ke habitat salah satu singa terbesar di Australia.

“Ini merupakan pengalaman yang benar-benar membuat bulu kuduk berdiri di mana para pengunjung bisa memasuki kandang dan berada lebih dekat dari sebelumnya dengan singa-singa kami yang menakjubkan,” kata Direktur Eksekutif Kebun Binatang Monarto, SA, Elaine Bensted.

Senin (13/11) sebanyak 11 ekor singa betina terlihat penasaran memanjat di atas kandang baru. Tempat di mana mereka mengaum kepada pengunjung yang berada di dalam kandang. Hari itu merupakan acara pembukaan fasilitas kandang yang baru ini.

Petugas kebun binatang, Anna Bennett mengatakan singa tidak secara alami bersifat agresif meskipun penampilan mereka seperti itu.

“Mereka adalah raja dan ratu di Benua Afrika sehingga mereka dapat memerintah dan mendapat perhatian dari semua hewan lainnya, jadi itulah yang mereka lakukan di kandang baru ini. Semua orang bereaksi dan mereka akan terus bersikap seperti itu. Mereka tahu mereka mendapat reaksi,” katanya.

Menurut Anna, setiap orang sangat terkagum-kagum saat mengunjungi kandang itu

“Singa-singa itu semua berada di balik kandang untuk memperhatikan setiap gerak-gerik pengunjung di dalam kandang, karena mereka sebelumnya tidak memiliki kesempatan seperti ini untuk berada di atas dan di belakang pengunjung sehingga mereka pasti menguntit.”

Wahana yang diberi nama ‘Lions 360’ ini terinspirasi oleh Rodney Foxwho. Seseorang yang merancang kandang bawah laut pertama untuk menyelam dekat dengan ikan hiu di Port Lincoln, Australia Selatan. Inovasi itu dibuatnya setelah dia diserang hiu pada 1963.

Baca Juga:  Gagasan Dirut Bulog Jual Beras Saset Dianggap Kontraproduktif

“Keduanya adalah hewan pemangsa, mereka sama-sama pemakan manusia. Menurut saya singa-singa itu benar-benar akan lebih mudah memakan manusia dibandingkan ikan hiu,” tutur Anna.

Kebun Binatang Monarto Adelaide memperkirakan, fasilitas baru ini akan menarik 3.000 pengunjung tambahan ke kebun binatang mereka setiap tahun setelah peluncurannya. Pengunjung bisa menjajal pengalaman berada di kandang ini sejak Sabtu (11/11). Dengan membayar biaya tambahan, beberapa pengunjung juga bisa memberi makan singa dari kandang ini.

loading...
loading...