Ahli Gizi: Jangan Asal Membeli Buah, Ini Risikonya!

0

Pertanianku – Mengonsumsi buah-buahan secara rutin memang akan memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Seperti yang kita tahu, mengonsumsi buah dapat membantu Anda menghindari berbagai jenis penyakit.

Bahkan, menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Warwick, semakin sering seseorang mengonsumsi buah akan semakin membuat orang tersebut bahagia. Pasti hal ini membuat Anda termotivasi untuk lebih giat mengonsumsi buah bukan?

Meskipun mengonsumsi buah sangat disarankan oleh pakar kesehatan, Anda perlu ingat jangan membeli buah secara sembarangan. Hal ini karena yang mengandung vitamin dan mineral berkali-kali lipat hanyalah buah yang berkualitas baik dan layak dikonsumsi.

“Buah-buahan berkualitas, mutu dan kandungan gizinya terjamin. Jadi, pastikan buah yang Anda konsumsi merupakan buah berkualitas,” ucap Jansen Ongko, seorang Ahli Gizi dan Olahraga di University of Warwick.

Lalu, bagaimana caranya agar kita dapat dengan mudah memilih buah dengan kualitas baik?

Jansen menyarankan, sebaiknya belilah buah di gerai yang kredibel dan berani menjamin kualitas produk yang ditawarkannya.

Lebih lanjut Jansen mengatakan, jika masyarakat tak membeli buah-buahan bermerek, pastikan untuk mencucinya dengan bersih sebelum mengonsumsinya.

“Kalau harga miring dan tempatnya di pinggir jalan misalnya, tentu kita tidak bisa menjamin bahwa buah yang dijual adalah buah berkualitas. Jadi, sebagai konsumen, kita harus pintar,” ungkap Jansen.

Contohnya, apel, buah yang berkualitas menurut Jansen memiliki ciri mengkilat di permukaannya. Meski ada anggapan bahwa apel impor kerap dilumuri lilin sebagai bahan pengawet, ia meminta masyarakat agar tidak terlalu panik.

“Sebenarnya apel memang secara alami memproduksi lilin, tapi memang ada sebagian penjual nakal yang menambahkannya supaya lebih awet. Tidak terlalu berbahaya asalkan dicuci dengan bersih sebelum dikonsumsi untuk melunturkan zat-zat yang menempel pada apel,” tuturnya.

loading...
loading...