Air Rebusan Pare Berbahaya Bagi Ibu Hamil

Pertanianku — Di balik rasanya yang pahit, baik buah maupun air rebusan pare sangat berkhasiat untuk mengatasi beberapa jenis penyakit serta menaikkan nafsu makan. Hal tersebut disebabkan oleh adanya kandungan nutrisi seperti protein insulin, glikosida, alkaloid, elesterol, hydroxytryptamine, asam folat, vitamin (C, A, B1, B12, dan E), mineral (zink, kalium, kalsium, magnesium, zat besi, fosfor, mangan, dan tembaga), pantothenic acid, lutein, likopen, dan serat.

air rebusan pare
foto: Pixabay

Sementara itu, daun pare mengandung momordicine, momordin, charantin, asam trikosanik, resin, asam resinat, saponin, vitamin A dan C, serta lemak yang terdiri dari asam oleat, asma linoleat, asam stearate, dan L. olestearat.

Buah pare berkhasiat untuk mengobati penyakit diabetes mellitus, batuk berdahak, radang tenggorokan, haus karena panas dalam, pingsan karena udara panas, sakit mata, demam, malaria, infeksi cacing gelang, kurang nafsu makan, disentri, nyeri haid, psoriasis, jerawat, sariawan, dan masih banyak lagi.

Meskipun banyak khasiat yang bisa didapatkan dari buah pare, ibu hamil tidak diperbolehkan mengonsumsi air rebusan daun pare dan buah pare. Hal ini karena seluruh kandungan zat aktif yang ada di dalamnya, alpha, serta beta monorcharins dapat menstimulasi rahim (uterus) dan menyebabkan janin mengalami keguguran.

Namun, buah pare berkhasiat untuk merangsang keluarnya ASI ibu yang sedikit. Oleh karena itu, pare baru bisa dikonsumsi setelah ibu selesai melahirkan. Selain mengatasi permasalahan jumlah ASI yang sedikit, mengonsumsi pare dapat mengatasi pengobatan kanker payudara.

Konsumsi buah pare tidak boleh terlalu banyak. Jus buah pare segar sebanyak 6—8 ons sudah bisa menyebabkan rasa nyeri di perut atau diare. Penggunaan obat herbal dari pare terbilang cukup aman. Meskipun begitu, penggunaan obat herbal dari pare tidak boleh lebih dari 4 minggu karena dikhawatirkan dapat menimbulkan efek yang kurang bagus untuk kesehatan tubuh si ibu.

Baca Juga:  Atasi Jamur yang Menyerang Tanaman dengan Fungisida Jahe

Rasa pahit pada buah pare bisa dihilangkan dengan cara memotong-motongnya menjadi ukuran kecil. Selanjutnya, cuci potongan pare dan rendam dengan air garam atau rebus sebentar di air yang sudah ditambahkan oleh sedikit garam.