Ajaib! Panda Bisa Menetralisir Sianida di Tubuhnya


Pertanianku — Di balik tubuhnya yang gempal, lucu, dan menggemaskan, ternyata panda bisa menetralisir sianida secara alami di tubuhnya. Buktinya, panda tak akan mati setelah dia mengunyah batang bambu favoritnya.

panda bisa menetralisir sianida
Foto: Pixabay

Pasalnya, diketahui bahwa batang bambu mentah yang sering dikonsumsi oleh panda mengandung sianida di dalamnya. Jika masuk ke tubuh, kandungan sianida bisa menyebabkan keracunan, bahkan kematian.

Hanya saja, kandungan sianida di bambu bisa dihilangkan, salah satunya dengan cara memasaknya. Tapi, seperti kita ketahui, tidak mungkin seekor panda mampu untuk memasak bambu terlebih dahulu sebelum memakannya. Karena itu, yang mereka santap adalah bambu mentah.

Uniknya, tubuh panda bisa beradaptasi dengan kandungan sianida dalam bambu mentah itu. Kandungan sianida yang ada pada bambu bisa dinetralkan di dalam tubuh mereka.

Mengutip The Verge, beberapa tahun lalu para ahli telah mencoba meneliti bagaimana hal tersebut dapat bekerja. Para peneliti mencoba mengukur kandungan sianida pada bambu yang diberikan kepada 20 panda dewasa.

Selain itu, peneliti juga mengukur kandungan sianida yang terdapat pada kotoran panda.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Nature dikatakan bahwa panda benar-benar menelan bambu yang mengandung sianida. Panda dewasa mampu menyerap 65 persen kandungan sianida pada bambu.

Akan tetapi, tubuh mereka mampu mengubah 80 persen sianida menjadi bahan kimia yang tidak beracun yang disebut dengan tiosianat. Tiosianat tersebut kemudian dibuang oleh panda melalui kotoran mereka.

Baca Juga:  Ikan Hias Discus Bisa dengan Mudah Dibudidayakan di Indonesia
loading...
loading...