Akibat Hama, Produksi Padi di Daerah Ini Memprihatinkan


Pertanianku – Akibat serangan hama yang menyerang tanaman padi di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, membuat produksi padi di daerah tersebut anjlok. Sedikitnya lahan pertanian seluas 111,5 hektare mengakibatkan hasil panen menurun drastis.

Foto: Pixabay

“Target produksi gabah per Juli 2017 sebanyak 270.513 ton, sedangkan realisasinya kini baru 257.367 ton atau berkurang 13.146 ton dari target yang ditentukan,” terang Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Probolinggo Ahmad Hasyim Ashari, melansir dari Antara (10/8).

Untuk itu, berdasarkan data yang dirilis dari DKPP Kabupaten Problinggo, terdapat sekitar Sembilan kecamatan yang terserang hawa wereng, yakni Kecamatan Kraksaan, Paiton, Krejengan, Pajarakan, Gending, Pakuniran, Tongas, Besuk, dan Kotaanyar.

“Kami belum tahu apakah serangan hama itu berdampak pada produksi gabah tahun 2017 karena pihak DKPP masih menunggu hingga akhir Desember nanti, namun yang pasti target produksi gabah tahun 2017 sebanyak 374.202 ton,” katanya.

Bahkan, ia menekankan realisasi produksi gabah akan dikejar pada masa tanam Musim Kemarau (MK) II. Pihaknya optimis akhir Desember 2017 target tersebut akan tercapai.

“Kalau saya menyimpulkan dampak serangan hama wereng cokelat beberapa waktu lalu tidak begitu berpengaruh secara signifikan terhadap target produksi tahun 2017,” ujar Hasyim.

Serangan hama wereng coklat di Kabupaten Probolinggo mulai terjadi sekitar Maret—Juli 2017 dan awalnya petani mengendalikan hama itu secara swadaya. Namun, Pemkab Probolinggo kemudian mengambil bantuan insektisida dari Provinsi Jawa Timur pada 7 Juli 2017 lalu.

“Bantuan itu berupa insektisida masing-masing sebanyak 400 kilogram untuk hama wereng cokelat dan hama Tungro. Bantuan tersebut diprediksi mencukupi untuk 800—1.000 hektare lahan padi,” tambahnya.

Ia menilai fenomena serangan hama wereng cokelat tersebut tidak hanya terjadi di Kabupaten Probolinggo, tetapi juga wilayah lain terutama di Jawa Timur seperti Nganjuk, Jember, Sidoarjo, Lumajang, dan Pasuruan.

Baca Juga:  Populasi Orangutan Kalimantan Mengkhawatirkan
loading...
loading...