Aktivator untuk Membuat Kompos

Pertanianku — Anda bisa membuat kompos sendiri dari limbah yang bisa didapatkan di sekitar tempat tinggal. Sebenarnya, proses pengomposan bisa berlangsung secara alami, hanya saja waktu yang dibutuhkan sangat lama, bahkan bisa berpuluh-puluh tahun lamanya. Untuk mempercepat proses pengomposan, Anda membutuhkan aktivator kompos yang dicampurkan ke dalam bahan-bahan kompos. Berikut ini aktvitator untuk membuat kompos.

aktivator kompos
foto: pertanianku

Orgadec

Orgadec merupakan aktivator mikroba yang bisa menghancurkan bahan organik dalam waktu yang lebih singkat dan bersifat antagonis terhadap penyakit akar. Mikroba yang ada di dalam aktivator ini adalah Trichoderma pseudokonigil dan Cytophaga sp. Kedua mikroba tersebut bisa menghasilkan enzim penghancur lignin dan selulosa secara bersamaan.

Loading...

Lignin dan selulosa yang dihasilkan dapat meningkatkan kadar nitrogen serta menurunkan kadar karbon. Selain itu, mikroba di dalam aktivator ini bisa bekerja di suhu yang tinggi. Oleh karena itu, aktivator ini bisa digunakan untuk pengomposan dalam jumlah banyak.

Stardec

Stardec merupakan aktivator yang berisi beberapa mikroba penting yang berperan dalam penguraian atau dekomposisi limbah organik menjadi bahan kompos. Mikroba yang terkandung di dalam aktivator ini adalah mikroba libnolitik, mikroba selulolitik, mikroba proteolitik, mikroba lipolitik, dan masih banyak lagi.

Mikroba dalam stardec didapatkan dari isolasi tanah lembap di hutan, akar rumput-rumputan, dan kolon sapi.

Aktivator EM 4

Aktivator EM4 merupakan salah satu aktivator yang mampu mengomposkan bahan organik dengan cepat secara anaerob dan hasil yang didapatkan tidak berbau serta aman bagi tumbuhan. Dalam aktivator tersebut mengandung sekitar 80 jenis mikroba fermentasi yang bekerja secara efektif dalam memfermentasikan bahan organik.

Aktivator Fix Up Plus

Formula biologis dalam aktivator fix up plus sangat kompleks, mengandung sejumlah bahan makanan dan hormon alami yang dibutuhkan untuk melakukan kembang biak dan aktivitas bakteri pengurai limbah selama proses pengomposan.

Baca Juga:  Cara Merangsang Tanaman Buah Berproduksi dengan Penyiraman Air

Anda bisa menyesuaikan jenis aktivator yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan. Selanjutnya, Anda bisa melakukan pembuatan kompos dan bisa melihat langkah-langkah pembuatan kompos dengan salah satu aktivator di atas dalam buku Cara Mudah & Cepat Buat Kompos terbitan Penebar Swadaya.

 

Loading...
Loading...