Akupuntur Sebagai Terapi Alternatif Anjing


Pertanianku – Pernahkah Anda memiliki hewan kesayangan yang tiba-tiba menderita lumpuh kaki belakang, stroke, atau penyakit kronis lainnya? Saat diobati oleh dokter hewan langganan ternyata anjing pun tidak bisa sembuh. Pada akhirnya diberikan pilihan untuk ”ditidurkan” saja agar anjing tidak terlalu menderita. Anda sekarang tidak perlu khawatir dengan “vonis” mati dari dokter hewan. Ternyata ada sebuah alternatif pengobatan hewan dengan terapi akupuntur atau yang lebih dikenal tusuk jarum untuk hewan kesayangan Anda tersebut.

Akupuntur Sebagai Terapi Alternatif Anjing

Di Indonesia, teknik dan terapi akupuntur untuk hewan perkembangannyamasih sangat kurang jika dibandingkan dengan akupunktur untuk manusia. Baru beberapa orang dokter hewan di Indonesia yang menguasai dan bisa menerapkan terapi akupuntur untuk hewan ini. Padahal terapi akupuntur akan dapat memberikan kesembuhan yang cepat dan maksimal seandainya hewan segera diterapi sewaktu awal sakit. Untuk saat ini baru di Jakarta dan Surabaya saja yang ada akupunturis untuk hewan dan jumlahnya pun masih bisa dihitung dengan jari.

Jumlah titik akupuntur hewan berbedabeda pada tiap spesiesnya dan lebih sedikit daripada titik akupunktur pada manusia. Letak titiknya juga hampir sama sepert pada manusia, hanya beberapa titik saja yang letaknya berbeda. Jika pada manusia terdapat lebih dari 350 titik, jumlah titik akupunktur pada anjing hanya lebih kurang 84 titik, sedangkan untuk kucinglebih sedikit. Selain menggunakan jarum akupuntur, ada metode akupuntur lain, antara lain accupressure (pressure=tekanan, menggunakan tekanan jari atau alat lainnya pada titik akupuntur), aquapuncture (aqua=air, menggunakan injeksi vitamin atau NaCl pada titik akupuntur), electro accupunture (menggunakan stimulasi listrik), rangsangan panas, menggunakan magnet, gelombang ultrasonik dan yang paling akhir adalah metode laser accupunture (menggunakan sinar laser). Sebelum mengambil keputusan akhir yang menyedihkan, tidak ada salahnya hewan kesayangan Anda diterapi akupuntur dulu. Siapa tahu nyawanya masih bisa tertolong.

 

Sumber: Buku Cara Merawat Anjing

 

loading...
loading...