Alasan Anda Harus Mulai Menanam Pohon Jambu Biji

Pertanianku — Jambu biji merupakan buah yang sangat gampang dijumpai di pasaran karena sangat mudah dibudidayakan. Bahkan, terkadang Anda tidak perlu membeli bibit pohonnya karena bisa tumbuh sendiri. Sebenarnya, pohon jambu biji memiliki banyak manfaat. Berikut ini beberapa alasan mengapa Anda harus mulai menanam pohon jambu biji, baik untuk konsumsi pribadi maupun untuk dikomersialkan.

menanam pohon jambu biji
foto: pertanianku

Ukuran tanaman tidak terlalu besar

Ukuran pohon jambu biji tidak sebesar pohon buah lainnya. Pohon buah ini memiliki kanopi yang pendek sehingga bisa ditanam di pekarangan yang sempit. Karena ukurannya yang pendek, pemeliharaan pohon serta proses panen menjadi lebih mudah.

Loading...

Mudah dibudidayakan

Pohon jambu biji terkenal dengan tingkat produktivitasnya yang tinggi sehingga pohon bisa dipanen secara terus-menerus sepanjang tahun. Satu pohon jambu bisa menghasilkan hingga 0,5 kuintal buah setiap tahunnya. Jambu biji memang merupakan tanaman buah yang bisa berbuah sepanjang tahun.

Kaya manfaat

Buah jambu biji mengandung nilai gizi tinggi sehingga sangat bagus dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga. Buah jambu biji juga bisa digunakan untuk mengatasi beberapa permasalahan penyakit, seperti menurunkan tekanan darah, kolesterol, dan trigliserida.

Bukan hanya buahnya, bagian tanaman lainnya juga bisa dimanfaatkan, seperti daun, akar dan kayunya. Kayu tanaman bisa digunakan untuk membuat peralatan rumah tangga karena tergolong kayu pohon keras dan kuat.

Sementara itu, daun dan akarnya bisa dimanfaaatkan sebagai obat herbal. Ada beberapa macam resep ramuan herbal yang terbuat dari daun dan akar tanaman jambu biji, seperti disentri, diare, demam berdarah, gusi bengkak, sariawan, jantung, menurunkan kolesterol, dan mengobati diabetes.

Bernilai ekonomi

Meski buah jambu sangat mudah dijumpai dan banyak ditanam, nilai ekonomi dari buah jambu biji tidak pernah turun. Hal ini dikarenakan manfaat jambu biji yang sangat banyak dan buah sering diolah menjadi berbagai macam aneka makanan, seperti selai dan jus buah.

Baca Juga:  Kementan Terus Berupaya Menjamin Kelancaran Pupuk Bersubsidi

Membuat pekarangan menjadi lebih teduh

Rimbun dari dedaunan pohon jambu biji juga berguna untuk membuat pekarangan rumah menjadi lebih teduh dan sejuk. Pohon bisa berfungsi sebagai penghalau sinar matahari serta angin yang membawa debu.

Loading...
Loading...