Alasan Bagian Atas dan Depan Kandang Murai Dibuat Terbuka


Pertanianku – Pembuatan kandang umbaran untuk murai yang ditangkarkan tidak boleh tertutup semua. Ada bagian kandang yang harus terbuka, terutama bagian atas dan depan kandang. Bagian atas kandang dibuat terbuka. Tujuannya agar sinar matahari bisa masuk ke bagian dalam kandang dan burung bisa berjemur di panas matahari, terutama pagi hari. Sinar matahari dapat juga meminimalkan adanya hama penganggu dalam kandang. Bagian terbuka tersebut juga untuk menjadikan sirkulasi udara yang ada bagus dan lancar.

Bagian Atas dan Depan Kandang Murai Dibuat Terbuka

Jika ada yang tertutup, hanya bagian atas yang akan dibuat sarang atau tempat murai berlindung dari teriknya panasmatahari dan hujan. Untuk menutup bagian atas kandang, gunakanlah bahan yang bisa memberi rasa sejuk pada murai, seperti papan atau tepas dari anyaman bambu. Penggunaan asbes dan seng sebaiknya tidak dilakukan. Selain kurang memberi rasa sejuk, asbes dan seng yang terkena air hujan menimbulkan bunyi yang bisa membuat takut murai. Bahkan, bunyi tersebut dapat mengganggu ketenangan murai yand sedang mengeram.

Bagian depan kandang juga dibuat terbuka. Tujuannya agar bisa melihat atau memantau aktivitas burung yang ditangkarkan atau mengawasinya dalam tahap awal penjodohan. Bagian depan yang terbuka juga untuk membuat pasangan yang ada tetap jinak dan terbiasa dengan lingkungannya karena selalu melihat kegiatan dan apa yang ada di sekitar kandang penangkaran.

 

 

Baca Juga:  Domba Garut, Komoditas Unggulan Kebanggaan Nasional