Alasan Belut Tangkapan Alam Masih Lebih Mendominasi

Pertanianku — Belut termasuk bahan pangan yang sering digunakan sebagai sumber protein. Saat ini belut sudah menjadi komoditas ekspor. Namun, tahukah Anda hingga saat ini belut-belut yang disajikan di warung makan dan pasar masih diperoleh dari tangkapan alam. Belut tangkapan alam ini sering dijadikan sebagai bahan pangan, pendapatan tambahan, bahkan menjadi sumber pendapatan utama.

belut tangkapan alam
foto: pertanianku

Berikut ini beberapa alasan yang menyebabkan belut tangkapan alam masih lebih mendominasi dibanding belut budidaya.

Masih mudah diburu

Indonesia memang memiliki banyak sungai, rawa, dan lahan rawa yang merupakan habitat belut. Oleh karena itu, belut masih mudah diburu dari alam bebas dengan peralatan yang sederhana.

Alat tangkapnya sederhana

Penangkapan belut dari alam biasanya dilakukan pada malam hari, ketika belut tidak berkeliaran. Biasanya, pemburu belut akan membawa lampu, pancing, serok, dan bubu.

Biaya operasional budidaya besar

Biaya operasional yang dibutuhkan untuk budidaya belut terbilang besar jika dibandingkan dengan menangkap belut langsung dari alam.

Beberapa kesulitan yang kerap ditemui pada saat budidaya belut adalah sifat kanibal yang dimiliki belut pada saat berganti kelamin, membutuhkan media yang cukup unik, dan lain-lain. Kesulitan budidaya tersebut juga diiringi dengan pengetahuan pembudidaya yang masih rendah sehingga budidaya belut masih sulit dilakukan secara optimal.

Padahal, budidaya tersebut bisa berjalan dengan baik apabila dilakukan dengan pengetahuan, perencanaan, dan ketekunan. Budidaya belut bisa dilakukan di pekarangan dengan menggunakan berbagai wadah pemeliharaan seperti drum, toren, kolam terpal, kolam tanah, atau kolam beton.

Sarana pascapanen mudah

Sarana pascapanen yang dibutuhkan relatif mudah karena belut tidak mudah mati sehingga belut hasil tangkapan alam bisa diangkut dengan peralatan yang sederhana.

Baca Juga:  Memahami Kebiasaan Ikan Gurami di Alam Bebas

Predator ikan

Belut sering dianggap sebagai predator ikan budidaya dan perusak pematang sawah. Lubang yang dibuat oleh belut dapat menyebabkan kebocoran pada pematang sawah. Itu sebabnya belut yang berada di sawah sering diburu. Selain bisa dimanfaatkan sebagai bahan pangan, penangkapan juga berfungsi untuk menjaga pematang sawah dan meminimalisir serangan belut terhadap ikan budidaya.

Harganya relatif bagus

Harga jual belut tangkapan alam relatif bagus dan penjualannya mudah.