Alasan Burung Tidak Mau Berkicau

Pertanianku — Ada beberapa permasalahan yang sering dihadapi oleh pemelihara burung kicau. Penampilan burung kicau memang bisa berubah seiring berjalannya waktu. Hal ini memang sifat alami dari burung yang sama seperti manusia, bisa merasa bosan, senang, malas, atau sakit. Salah satu permasalahan yang kerap dialami oleh pemilik burung kicau adalah burung tidak mau berkicau.

burung tidak mau berkicau
foto: pertanianku

Kicauan burung memang menjadi salah satu daya tarik yang diinginkan oleh pemilik, bahkan kicauan burung sering dikonteskan. Burung kicau yang ikut kontes bisa saja tidak mau berkicau saat sudah memasuki waktu perlombaan. Padahal, di hari-hari sebelumnya, burung masih bisa berkicau dengan baik dan normal.

Kejadian tersebut bisa saja karena kondisi burung tidak stabil. Burung yang malas berkicau biasanya habis diforsir untuk berkicau selama masa persiapan dan kegiatan lomba.

Loading...

Burung yang sudah terlalu diforsir tetapi masih dipaksa untuk mengikuti kontes akan menyebabkan burung malas berkicau. Semua jenis burung kicau bisa mengalami mogok kicau. Parahnya, ketika burung sudah mengalami mogok berkicau, Anda akan susah mengembalikan suara kicauannya menjadi gacor. Anda harus menunggu hingga burung melewati masa-masa mabung.

Ada beberapa jenis burung kicauan yang sulit kembali gacor setelah mengalami mogok berkicau, di antaranya punglor, murai batu, kacer, dan pentet. Satu-satunya cara untuk mencegah burung mogok berkicau adalah jangan memaksakan kondisi burung untuk terus ikut-ikutan lomba, meskipun suaranya sudah diketahui bagus.

Anda juga harus memerhatikan kondisi burung. Apabila kondisi burung sudah tidak prima, jangan dipaksakan untuk ikut. Lebih baik menunggu kontes berikut sembari mengembalikan kondisi kestabilan burung. Burung yang terus-terusan diikutkan kontes dalam jangka waktu yang berdekatan akan rentan terkena stres yang membuatnya lebih mudah sakit.

Baca Juga:  Langkah Mudah Mengatasi Hama dan Penyakit Pohon Jambu Air Madu Deli

Sebagai pemilik burung kicau, Anda memang harus lebih bijak memerhatikan kondisi kesehatan burung. Ada banyak kesalahan yang bisa menyebabkan burung kicau menjadi tidak prima dan tidak mau berkicau.

Dalam buku Pakan Burung Ocehan mengulas berbagai tips dan trik untuk memelihara burung kicauan yang benar agar bisa menjadi burung juara, mulai dari treatment hingga pakan yang dibutuhkan. Segera hubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya untuk mendapatkan buku tersebut agar burung kicau Anda menjadi juara.

Loading...
Loading...