Alasan di Balik Pentingnya Merawat Kuku Kuda Secara Rutin

Pertanianku — Mungkin Anda pernah melihat seseorang yang tengah membersihkan kaki kuda dari kotoran, lalu memotong bagian ujung tempat sepatu kuda tersemat. Bagian yang sedang dibersihkan itu adalah kuku kuda. Tahukah Anda, nilai seekor kuda bergantung pada kondisi kukunya. Secara alami, kuku kuda tumbuh kuat dan cepat sesuai dengan tingkat keluasannya.

kuku kuda
foto: Pixabay

Kuku kuda harus dibersihkan setiap hari ketika akan dikandangkan, keluar kandang, ataupun saat sedang berlatih. Kuku dibersihkan dengan cara dicongkel, mulai dari heel hingga ke bagian toe. Ketika kuku sudah bersih, pekerja akan memeriksa bagian tapal apakah masih kuat atau sudah terjadi pembusukan.

Pembusukan pada tapal bisa disebabkan oleh jamur. Hal ini karena adanya jaringan lunak pada bagian clep dari frog atau sambungan antara frog dan bar.

Kuku yang dibiarkan kadang-kadang bisa menjadi kering dan rapuh. Kuku yang rapuh akan menyebabkan lubang sehingga pada akhirnya mengakibatkan kuda pincang. Kuku yang kering dapat dicegah dengan merendamnya di air.

Apabila kuku kering disebabkan oleh penapalan, kuda perlu diajak berjalan-jalan di lumpur sebanyak 1–2 kali seminggu. Cara lainnya, kuda diajak jalan-jalan di tanah yang basah hingga kuku menyerap cairan, lalu disiram dan dikeringkan serta diolesi tar.

Pada musim panas, kuku kuda akan mengeras dan kering. Sebaliknya, pada musim dingin, kuku akan lunak sehingga mudah terinfeksi. Jenis tanah yang dipijak juga dapat memengaruhi kondisi kuku. Pada tanah yang berstruktur pasir atau keras, cenderung menyebabkan kuku kering dan mengeras. Sementara itu, pada tanah liat, kuku akan lunak dan mudah terinfeksi.

Kondisi kuku juga dipengaruhi oleh aktivitas yang dijalankan. Apabila aktivitas yang dilakukan berlebihan, kondisi kuku tidak akan tumbuh secara normal.

Baca Juga:  Sejarah Panjang Penyakit Mulut dan Kuku yang Sempat Musnah di Indonesia

Kondisi kuku yang rapi dapat membuat hewan berdiri secara kokoh sehingga tekanan sama rata pada semua kaki. Pemotongan kuku dapat dilakukan ketika kuda berumur dua bulan. Pada dasarnya kuku yang tumbuh sehat bebas pengawasan. Akan tetapi, kuku perlu dipotong setiap 4–6 minggu. Sepatu kuda baru digunakan ketika sudah kuda mulai dewasa.