Alasan Kandang Kambing Etawa Jantan Harus Dipisah dengan Betina

Pertanianku — Kandang berfungsi membuat ternak menjadi lebih nyaman sehingga bisa bereproduksi secara maksimal, termasuk produksi susu. Banyak peternak kambing etawa yang memisahkan kandang kambing etawa jantan dengan kambing etawa betina. Pemisahan tersebut memang sudah menjadi hal mutlak atau harus dilakukan terkait dengan produksi susu kambing etawa.

kandang kambing etawa jantan
foto: Pertanianku

Pemisahan antara betina dan jantan bukan tanpa maksud. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari pemisahan tersebut. Salah satunya adalah menghasilkan susu yang berkualitas dan tidak terlalu bau brengus.

Berikut ini beberapa manfaat dari pemisahan kandang kambing etawa jantan dan betina.

Bau prengus

Kambing etawa jantan cenderung menghasilkan bau prengus yang cukup kuat sehingga bisa memengaruhi hasil susu yang akan didapatkan. Padahal, salah satu penyebab banyaknya orang yang tidak menyukai susu kambing adalah bau prengus tersebut. Agar susu yang dihasilkan tidak bau prengus, pisahkan kandang kambing jantan agak jauh dari kandang induk perah.

Kambing jantan selalu gelisah

Kandang kambing jantan yang diletakkan bersebelahan dengan kambing betina akan membuat pejantan lebih mudah gelisah. Jantan akan terus berusaha mendekati betina karena ingin kawin. Akibatnya, pola makan serta istirahat kambing jantan menjadi terganggu. Dampak buruk dari kondisi ini adalah pertumbuhan kambing jantan terganggu. Kambing menjadi sulit gemuk dan daya tahan tubuhnya rendah sehingga kambing mudah terserang penyakit.

Model kandang kambing jantan

Model kandang yang tepat untuk kambing jantan adalah kandang tertutup di bagian atasnya. Model ini sangat berguna untuk melindungi ternak dari ancaman yang biasa datang dari luar dan perilaku kambing itu sendiri yang cukup membahayakan apabila atap dibuat terbuka. Kandang kambing etawa pada umumnya dibuat dengan model panggung untuk menghindari penyakit gatal dan mastitis.

Baca Juga:  Lokasi yang Disukai Cacing Sutera

Bagi kambing, kandang merupakan tempat untuk beraktivitas, mulai dari makan, tidur, minum, dan lainnya. Kandang juga tempat berlindung dari panas, hujan, terpaan angin, pemangsa, atau hewan pengganggu lainnya.

Bagi peternak, kandang merupakan tempat untuk menjaga dan mengawasi ternak. Oleh karena itu, peran kandang memang sangat penting dan tidak bisa diabaikan.