Alasan Kenapa Anda Harus Mendukung Sektor Pertanian

Pertanianku — Masyarakat yang tinggal di negara agraris seperti Indonesia sebagian besar sudah menyadari kalau pertanian di era digital semakin menarik. Sektor ini digeluti banyak generasi muda yang berinovasi dalam pengolahan dan pemasaran produk pertanian sehingga memiliki nilai tambah. Hal ini juga berkaitan sebagai upaya untuk mendukung sektor pertanian Indonesia.

mendukung sektor pertanian
Foto: Pixabay

Ada berbagai alasan mengapa masyarakat tidak boleh meremehkan sektor pertanian. Apa saja? Yuk, simak ulasannya!

Ekspor komoditas pertanian semakin gencar


Loading...

Saat ini, Kementerian Pertanian (Kementan) sedang aktif mendorong dan membuka peluang ekspor dengan beberapa negara di Asia, Eropa, dan Amerika. Upaya ini bahkan sudah membuahkan hasil. Hal itu terjadi ketika kita bisa memasukkan komoditas pertanian ke negara dengan pasar besar seperti Jepang, Spanyol, dan Amerika Serikat. Adapun komoditas ekspor potensial yang dikirim antara lain buah tropika, padi, jagung, dan olahan ayam.

Makanan yang dikonsumsi dari hasil pertanian dan peternakan

Selama masih mengonsumsi makanan seperti daging, telur, sayur, buah, dan nasi atau jagung, itu artinya kita harus bersyukur karena masih memiliki petani dan peternak. Masih ada orang yang setiap hari bersentuhan langsung dengan kebun, sawah dan peternakan.

Saat ini di sektor pertanian juga sedang terjadi regenerasi petani, dari generasi tua kepada anak muda. Banyak generasi milenial yang menilai bahwa sektor pertanian adalah mata pencaharian yang menjanjikan dan bergengsi.

Sektor yang menantang dan masih banyak peluang

Pernahkan mendengar berbagai bidang studi terkait produksi, pemuliaan, dan proteksi tanaman? Tantangan yang masih dihadapi di lapangan bisa berupa hama, lahan yang sub-optimal, atau kekeringan dan banjir yang membuat produksi tanaman merosot.

Nah, tantangan tersebut tentu memanggil siapa pun yang berjiwa muda untuk bergabung di sektor ini dan memecahkan persoalan yang dihadapi. Sebagai manusia yang memiliki potensi dan mengemban tugas mulia, pertanian sangat menantang.

Baca Juga:  Sederet Alasan Milenial Harus Memulai Budidaya Metode Hidroponik

Pertanian adalah bisnis

Bicara pertanian berarti sedang mendalami bisnis yang menjanjikan. Sebab, sektor ini merupakan kebutuhan dasar manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Tak perlu diuraikan lebih jauh, konsumsi makan kita sudah pasti bersumber dari sektor pertanian dan peternakan. Bisnis pertanian variasinya sangat banyak, bisa di bagian hulu dalam penyediaan alat mesin dan sarana produksi, ataupun di hilir dalam pascapanen dan pemasaran.

Petani adalah orang-orang bisnis

Masuk ke dunia pertanian berarti secara tidak langsung Anda sudah masuk bagian dari orang orang pebisnis. Banyak pengusaha besar, konglomerat yang usahanya dari sektor ini. Betul, banyak potensi yang bisa Anda garap untuk mendulang uang dari pertanian.

Bisnis pertanian bisa dengan melakukan jual beli hasil perkebunan, juga proses pascapanen seperti makanan olahan. Nah, dengan potensi yang ada ini, Anda harus siap jadi pebisnis muda. Hal yang paling penting, yaitu Anda berkomitmen dan bertanggung jawab.

Loading...
Loading...