Alasan Menarik Memulai Budidaya Ikan di Pekarangan

Pertanianku Budidaya ikan di pekarangan sedang diminati oleh masyarakat perkotaan. Hal ini karena dapat memberikan kepuasan tersendiri saat memanen ikan langsung dari halaman rumah. Pada dasarnya budidaya ikan ini cukup mudah dilakukan jika Anda sudah mengetahui cara budidaya.

budidaya ikan di pekarangan
foto: pertanianku

Dalam buku Kiat Sukses Pembenihan dan Pembesaran 13 Ikan Konsumsi di Lahan Sempit membahas berbagai cara budidaya ikan di pekarangan dengan bahasa yang mudah dipahami. Setelah mengetahui ilmunya, Anda akan jauh lebih mudah melakukannya. Berikut ini ada beberapa kunci sukses yang bisa diterapkan untuk budidaya ikan di pekarangan.

Menentukan jenis ikan

Loading...

Ada beberapa jenis ikan air tawar yang bisa dibudidayakan di pekarangan, antara lain lele, patin, nila, belut, dan gurami. Anda bisa memilih jenis ikan yang disukai dan disesuaikan dengan keadaan. Setelah memilih jenis ikan, Anda harus mengetahui karakteristik dasar dari setiap jenis ikan yang dipelihara untuk menekan angka kematian. Selain itu, dengan mengetahui karakteristik dasar ikan dapat mempermudah Anda untuk mengetahui peralatan yang dibutuhkan.

Menentukan tata letak

Atur tata letak sedemikian rupa sesuai dengan kondisi pekarangan, usahakan letak kolam tidak mengganggu keindahan pekarangan, atau bahkan bisa menambah nilai estetika pekarangan. Selain itu, pilihlah letak kolam yang aman bagi kehidupan ikan, misalnya terlindung dari predator dan banjir. Pastikan tanaman atau sampah tidak mudah masuk ke kolam sehingga membuat kolam kotor.

Pemelihara

Tahapan pemeliharaan yang tepat sangat dibutuhkan untuk mencegah kegagalan proses budidaya. Selama masa pemeliharaan, kebersihan area budidaya harus dijaga, jangan sampai menimbulkan aroma yang bisa menjadi sarang penyakit bagi ikan yang dibudidayakan.

Persediaan air bersih harus dikelola dengan baik agar terjaga kontinuitasnya selama masa pemeliharaan. Terutama pada budidaya yang menggunakan pakan pelet secara penuh dan media budidaya yang sering terpapar sinar matahari. Kolam yang sering terpapar sinar matahari dapat mengalami penguapan yang lebih tinggi sehingga diperlukan suplai air tambahan lebih banyak.

Baca Juga:  Cold Storage Muara Baru Ekspor 367,63 Ton Ikan

Sisa pakan yang tidak dimakan atau belum termakan oleh ikan juga harus dikelola dengan baik, jangan sampai menjadi bahaya bagi ikan.

Loading...
Loading...