Alasan Mengapa Orang Perlu Melakukan Urban Farming


Pertanianku – Tingginya pertumbuhan penduduk yang tidak diimbangi dengan pertumbuhan produksi pertanian membuat ancaman bagi ketahanan pangan. Namun, beberapa waktu belakangan ini tren urban farming di sejumlah negara termasuk Indonesia dapat menjadi solusi terhadap ancaman tersebut selain yang mampu memasok makanan segar, sehat, dan berkualitas.

urban farming
Foto: Google Image

Salah satu negara yang sukses mengembangkan Urban farming adalah Jepang. Jika Anda berada di Tokyo, Anda akan melihat pemandangan yang tidak biasa di antara rel kereta api, dan jalan-jalan, banyak terdapat tanaman yang dikembangkan dengan teknik urban farming. Di Jepang hasil panen dengan menggunakan teknik urban farming seperti hidroponik, vertikultur, mampu memasok makanan segar dan sehat bagi 700 ribu penduduknya.

Salah satu teknik urban farming yang banyak digemari masyarakat terutama di Indonesia adalah hidroponik. Hidroponik sangat baik dilakukan untuk para penyaluran hobi bercocok tanam. Banyak diantaranya menjadikan teknik hidroponik sebagai lading bisnis mereka.

Dengan adanya urban farming produksi dan pemasaran sayur-sayuran di perkotaan akan berkembang pesat di Indonesia kedepannya. Hal ini berupaya guna mengembangkan pertanian perkotaan. Kegiatan ini juga diharapkan untuk mengurangi impor sayuran.

Baca Juga:  Cara Menanam Kentang Menggunakan Mulsa