Alasan Nyamuk Gemar Memilih Manusia yang Akan Digigit


    Pertanianku — Kita semua tahu jika kehadiran nyamuk akan sangat mengganggu karena gigitannya menyebabkan bentol serta gatal. Namun, ternyata di kerumunan manusia, nyamuk gemar memilih manusia mana yang akan digigit.

    nyamuk gemar memilih
    Pixabay

    Diperkirakan ada lebih dari 400 senyawa kimia yang ada pada kulit manusia. Sejumlah senyawa itu bisa berperan dalam memicu ketertarikan nyamuk untuk menghinggapi dan menghisap darah seseorang. Mengenai hal ini, ada banyak jawaban yang berbeda.

    Seorang pakar nyamuk, Dr. Cameron Webb menuturkan, pertama kita perlu memahami bahwa ratusan spesies nyamuk tertarik pada hal-hal yang berbeda pada jarak tertentu dari Anda.

    “Tapi hanya betina yang menggigit manusia, karena mereka membutuhkan nutrisi untuk mengembangkan telur,” ujar dosen klinis di University of Sydney itu.

    Jadi, apa yang membuatmu begitu menarik bagi para nyamuk betina ini? Kepala Ilmuwan Department of Medical Entomologi, negara bagian New South Wales (NSW) ini mengungkapkan, semuanya dimulai dengan karbon dioksida yang kita lepaskan.

    “Sebagai penarik jarak jauh, nyamuk bisa mencium bau karbon dioksida yang kita hirup, dan jika Anda memikirkannya, itulah satu denominator umum di kalangan hewan berdarah panas — entah itu burung, sapi atau kanguru,” jelas Dr. Cameron.

    Ia juga menjelaskan, begitu mendekat, nyamuk akan merespons bau kulit dari suatu sumber darah potensial. Dan, apakah penyumbang terbesar untuk pelepasan karbon dioksida itu? Jawabannya adalah keringat.

    “Penelitian asam laktat dalam keringat menunjukkan bahwa itu adalah penarik utama bagi nyamuk, terutama untuk spesies yang menggigit manusia,” ungkap Dr. Cameron

    Kemudian muncul pertanyaan lain, yaitu bagaimana bila Anda tidak berkeringat? Dr. Cameron menjawab, meskipun berkeringat bisa meningkatkan keinginan seekor nyamuk untuk menggigit Anda, mandi saja tidak akan mencegah Anda untuk digigit nyamuk.

    Baca Juga:  Kandungan Gizi dan Manfaat Ikan Nila untuk Kesehatan

    Ada banyak faktor, termasuk bakteri pada kulit Anda, yang membuat bau tubuh Anda berbeda dan menarik nyamuk tertentu.

    “Ini seperti pergi ke bar dan memilih antara koktail yang berbeda, beberapa seperti margarita ketimbang mojito,” katanya.

    loading...
    loading...