Alasan Pemangkasan Pohon Buah Harus Dilakukan

Pertanianku— Pasti Anda sering melihat petunjuk untuk memangkas pohon buah. Pemangkasan pohon buah merupakan bagian dari perawatan pohon yang tidak bisa dihindarkan. Pohon buah yang tidak dipangkas akan terus tumbuh ke samping atau ke atas secara tidak terarah.

pemangkasan pohon buah
foto: Trubus

Tajuk tanaman yang tidak dipangkas biasanya akan tumbuh ke atas dengan batang atau cabang tunggal. Hal tersebut disebabkan oleh dominasi apical atau tunas ujung yang berada di bagian ujung tanaman. Dominasi apical tersebut harus dipatahkan dengan pemangkasan agar keluar tunas-tunas yang tumbuh ke arah samping. Pemangkasan tersebut dapat membuat sosok pohon menjadi lebih ideal dan seimbang sehingga siap melakukan pembuahan.

Pemangkasan pohon buah pada dasarnya dilakukan untuk membuang cabang yang tidak bermanfaat, merangsang pertumbuhan tunas pada ranting, dan mengendalikan bentuk tanaman agar dapat terus memproduksi buah.

Bagian yang bisa Anda hilangkan adalah ranting kecil yang tidak berguna dan ketika besar akan menjadi ranting mati, ranting yang saling bertemu sehingga membuat sinar matahari sulit mengenai seluruh bagian tanaman, serta ranting yang sakit.

Pemangkasan harus dilakukan pada bagian pangkal ranting. Pemangkasan tidak boleh hanya dilakukan di bagian ujung ranting karena tidak akan memberikan efek apa pun bagi tanaman. Pemangkasan pada ranting atau cabang yang akan mati harus segera dilakukan, baik untuk pohon berukuran kecil maupun besar.

Setelah dipangkas, dedaunan di pohon bisa mendapatkan sinar matahari secara langsung. Daun-daun yang tidak terkena sinar matahari secara langsung hanya bersifat parasit bagi tanaman karena tidak bisa melakukan fotosintesis. Daun tersebut akan mengambil hasil fotosintesis dari daun lain yang terkena sinar matahari secara langsung. Oleh karena itu, jangan senang terlebih dahulu jika melihat pohon buah Anda memiliki ranting dan daun yang lebat.

Baca Juga:  Tumpas Hama Walang Sangit dengan Pestisida Nabati

Pohon yang daunnya rimbun belum tentu bisa menghasilkan bunga dan buah. Andaikan berbunga atau berbuah, jumlahnya sangat sedikit dan rentan gagal tumbuh. Fotosintat atau hasil fotosintesis pohon yang rimbun lebih banyak digunakan untuk pertumbuhan daun dan ranting.

Pemangkasan juga berguna untuk mengontrol tingkat kelembapan di pohon. Tingkat kelembapan yang tinggi dapat menyebabkan hama berkembang biak atau penyakit yang dapat merugikan pohon.

Manfaat tambahan dari pemangkasan adalah menjaga bentuk pohon agar tetap menawan dan mudah dipelihara.