Alasan Penting Pemangkasan pada Pohon Buah

Pertanianku — Sebagian hobiis baru pohon buah belum mengetahui jika pemangkasan pohon buah perlu dilakukan pada beberapa pohon. Tujuan akhirnya adalah agar pohon dapat berbuah secara optimal dan lestari (berusia panjang). Namun, pemangkasan juga berfungsi untuk mengatur dan mempertahankan bentuk serta ukuran tajuk pohon agar tetap ideal secara agronomis dan bernilai estetika jika dipajang.

pemangkasan pohon buah
foto: pertanianku

Pohon yang tidak dilakukan pemangkasan akan tumbuh terus bahkan menjadi tidak terarah. Salah satu tujuan seseorang menanam pohon buah adalah untuk mendapatkan buahnya. Pohon yang tumbuh terus akan mengalami penurunan produktivitas karena unsur hara yang didapatnya digunakan untuk pertumbuhan vegetatif.

Jika pohon buah ditanam dalam satu lahan luas dengan sistem monokultur, pemangkasan berfungsi untuk menghasilkan suatu pertanaman yang seragam. Keseragaman pertanaman tersebut meliputi ukuran, bentuk kerangka tajuk, dan umur pohon.

Loading...

Perkebunan yang memiliki keseragaman pertanaman tentunya dapat memudahkan proses budi daya tanaman serta menyusun rencana kerja yang akan dilakukan. Pohon yang tumbuh seragam tentunya akan membutuhkan dosis pupuk atau pestisida yang sama.

Pemangkasan pada perkebunan skala besar pun menguntungkan dari segi pengelolaan ekonomi. Pohon yang seragam cenderung akan menghasilkan panen dalam waktu yang sama atau setidaknya hampir sama. Hal tersebut akan memudahkan petani untuk mengestimasikan analisis finansial.

Pembahasan di atas merupakan alasan secara global yang ditujukan untuk para pelaku usaha yang menanam pohon dalam jumlah banyak. Jika berbicara pada ruang lingkup yang lebih kecil, yaitu seseorang yang menanam pohon buah hanya untuk kepentingan pribadi, pemangkasan pohon buah juga sangat penting untuk dilakukan. Tujuannya adalah untuk mempermudah pengoptimalan pohon.

Optimalisasi pohon berupa mempermudah pekerjaan dan menjaga kelestarian produktivitas pohon. Teknik pemangkasan setiap pohon buah akan berbeda-beda dan Anda harus mempelajarinya agar tidak salah pangkas. Pasalnya, jika Anda salah pangkas, malah akan menghilangkan kemampuan pohon berproduksi.

Baca Juga:  Kelebihan Jambu Air Madu Deli, Jambu Semanis Madu Tidak Berbiji

Anda bisa mempelajari berbagai teknik pemangkasan pohon buah dari beberapa literatur, seperti literatur buku pertanian Bertanam 13 Tanaman Buah di Pekarangan. Dalam buku tersebut terdapat cara menanam 13 jenis pohon buah yang biasa ditanam di pekarangan sekaligus teknik pemangkasan berdasarkan jenis-jenis pohon.

Loading...
Loading...