Alasan Peternakan Kambing Dalam Negeri Masih Belum Optimal

PertaniankuSaat ini peternakan kambing didominasi oleh usaha rakyat yang dilakukan dalam skala kecil. Oleh karena itu, masih sedikit peternakan kambing yang memelihara lebih dari 10 kambing.

peternakan kambing
foto: pixabay

Usaha yang dikelola oleh masyarakat menggunakan cara yang sederhana, yaitu menjual kambing yang sudah dipelihara dan harga yang sebenarnya jauh lebih murah daripada ongkos produksi. Hal tersebut menyebabkan industri peternakan kambing belum maksimal.

Perusahaan swasta yang bergerak di bidang budidaya ternak dan domba juga mengalami kesulitan dalam berkembang karena penyebaran usaha rakyat yang terlalu luas sehingga menyempitkan gerak para pengusaha swasta. Para pengusaha swasta yang mengembangkan peternakan kambing pada skala besar hanya berpotensi bermain di pasar ekspor. Untuk bermain di pasar ekspor, pengusaha membutuhkan banyak elemen pendukung yang cukup banyak.

Loading...

Sebenarnya, usaha rakyat yang sudah ada bisa dikembangkan menjadi industri yang lebih baik lagi dengan keuntungan yang optimal. Namun, fakta di lapangan menunjukkan banyak kendala yang sering menghambat pengembangan usaha rakyat tersebut.

Kendala tersebut datang dari masalah teknis dan nonteknis. Pemerintah sudah sering kali memberikan bantuan di bidang teknis berupa pembuatan pakan, kandang, serta bantuan modal dan pemasaran.

Namun, masih banyak usaha rakyat yang masih belum berkembang karena masalah nonteknis masih sering diabaikan. Masalah nonteknis yang sering kali kurang diperhatikan adalah mental berwirausaha yang rendah, kurangnya bekal pengetahuan, kurang bisa berkomitmen sehingga tidak mampu mengemban amanah dan segala sesuatu yang berkaitan dengan mental dan moral.

Untuk mengembangkan peternakan rakyat, membutuhkan instansi atau lembaga di luar dinas peternakan untuk meningkatkan motivasi para peternak, terlebih dalam bidang wirausaha. Selain itu, dibutuhkan SDM (sumber daya manusia) berkualitas yang berkompeten di bidang peternakan untuk membangun usaha peternakan yang lebih besar lagi.

Baca Juga:  Langkah Mudah Mengobati Itik yang Cacingan

Faktor teknis dan nonteknis harus berjalan beriringan. Salah satu faktor teknis yang harus ditingkatkan adalah pakan. Pakan merupakan faktor penting saat usaha peternakan ingin ditingkatkan, apalagi jika ingin beternak lebih dari 10 ekor kambing.

Faktor lainnya yang tidak boleh dilupakan adalah kebersihan kandang yang merupakan rumah bagi kambing. Kebersihan kambing tidak boleh dihiraukan karena hanya kambing sehat dan berkualitas yang laku di pasaran dengan harga terbaik.

Dalam buku 99 Persen Gagal Beternak Kambing membahas beberapa problematika yang sering dialami oleh para peternak. Dalam pembahasannya juga menyajikan solusi untuk mengatasi berbagai permasalahan. Diharapkan melalui pembahasan tadi mampu membangkitkan jiwa-jiwa wirausaha para peternak kambing kecil agar bisa menjadi peternak berskala besar. Segera hubungi admin Penebar Swadaya untuk mendapatkan buku tersebut agar Anda semakin mantap berbisnis ternak kambing.

 

Loading...
Loading...