Alasan Usaha Budidaya Aglaonema Cukup Menjanjikan


Pertanianku — Salah satu tanaman hias yang sering dibudidayakan ialah tanaman aglaonema atau yang dikenal dengan sebutan sri rejeki. Tanaman ini memiliki setidaknya 40 spesies yang berasal dari famili Araceae. Namun, tentunya banyak yang penasaran mengapa usaha budidaya aglaonema cukup menjanjikan? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Bisa tumbuh di jenis iklim apa saja

Aglonema adalah salah satu tanaman hias daun yang mudah tumbuh di segala iklim. Tanaman ini bisa tumbuh dengan baik di daerah yang memiliki kelembapan tinggi dan intensitas penyiraman yang rendah. Tanaman ini juga tidak terlalu sulit untuk dikembangkan. Selain itu, cara yang diperlukan untuk pembibitan yang digunakan sebagai proses dari budidaya tidak sulit.

Anda hanya perlu mengembangkan dari indukan yang sudah dewasa dan bibit-bibit tersebut akan mudah untuk dikembangkan menjadi tumbuhan hias lainnya yang menguntungkan dalam peluang usaha ini.

2. Kalangan pembeli

Tidak seperti beberapa tahun silam, sekarang telah banyak kalangan pembeli yang menyukai jenis tumbuhan hias daun seperti Aglaonema. Bahkan, pada 2007—2008, beberapa varian dari tanaman hias ini sempat melejit dan membanjiri pasaran tanaman hias. Tanaman hias ini pun sempat menjadi primadona di antara kalangan tanaman hias jenis daun lainnya.

3. Tidak membutuhkan lahan yang luas

Alasan lain yang membuat jenis tanaman ini sangat populer di kalangan pecinta tanaman hias adalah tidak memerlukan lahan yang luas. Bahkan, pengusaha budidaya tanaman sri rejeki bisa mengembangkan usaha mereka di lahan yang terbatas dan kecil. Karena mudah ditumpuk-tumpuk dan tidak sulit dalam masalah perawatan.

4. Modal yang minim

Anda yang ingin menjalankan usaha tanaman hias daun ini bisa memulai dengan modal yang minim. Sebab, dengan membeli indukan yang berkualitas, dengan mudah anakan yang lain dikembangkan oleh Anda sendiri.

Baca Juga:  Cara Menanam si Cantik Bunga Walisongo

5. Harga jual yang stabil

Harga jual yang dikembangkan untuk budidaya aglaonema ini terbilang cukup stabil. Hal ini karena beberapa tahun belakangan tidak pernah mengalami penyusutan yang berarti. Bahkan, setiap pot dari aglaonema bisa mencapai jutaan rupiah jika dirawat dengan baik dan memiliki penampilan terbaik.

6. Permintaan yang tinggi

Hal lain yang membuat orang sangat ingin melakukan budidaya aglaonema adalah permintaan pasar yang sangat banyak. Karena dibandingkan dengan stok yang ada di pasaran, jumlah permintaan relatif masih tinggi. Jika dilakukan riset perbandingan, permintaan dibandingkan dengan penawaran adalah 4 : 1.

7. Mudah mendapatkan anakan

Saking mudahnya untuk dikembangkan, bahkan satu buah tanaman induk bisa menghasilkan 11 hingga 12 anakan dalam satu periode. Ini menyatakan satu indukan mampu diperbanyak hingga 12 anakan dan merupakan usaha yang potensial, bukan?!