Albothyl Dilarang, Atasi Sariawan dengan Bahan Alami


Pertanianku — Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengeluarkan imbauan untuk tidak menggunakan Albothyl. Pasalnya, policresulen yang terdapat pada Albothyl punya risiko yang lebih besar dibanding manfaatnya untuk mengobati sariawan. Jika Albothyl dilarang, apakah ada bahan alami yang bisa dipakai untuk sembuhkan sariawan?

Albothyl dilarang
Foto: Pixabay

Sariawan adalah luka kecil kemerahan dalam mulut yang biasanya terdapat pada pipi, lidah, dan bibir. Tidak diketahui secara pasti penyebab timbulnya sariawan, namun biasanya terjadi karena bagian dalam mulut yang tergigit dan sikatan gigi yang terlalu kuat, diyakini dapat memicu munculnya sariawan.

Meskipun rasa perih yang ditimbulkannya tidak menyenangkan, sariawan biasanya tidak berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya. Beberapa tindakan bisa Anda lakukan untuk mengatasi sariawan yang menyakitkan ini. Berikut ini bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengobati sariawan melansir MSN.

  1. Madu

Mengoleskan madu pada sariawan ternyata mampu mempercepat proses penyembuhan dan mengurangi rasa sakit yang ditimbulkannya. Hal ini diyakini karena adanya kemampuan antiperadangan dan antibakteri yang dimiliki oleh madu.

  1. Larutan garam

Berkumur-kumur dengan campuran air garam selama kurang lebih 30 menit dapat membantu mempercepat proses penyembuhan sariawan Anda. Selain itu, larutan garam juga diyakini memiliki kemampuan antiperadangan dan antibakteri yang dapat mencegah sariawan berkembang semakin parah. Tak perlu banyak, satu setengah sendok teh garam cukup untuk membuat larutan ini.

  1. Kelapa

Kelapa diyakini mampu mengurangi rasa sakit serta mencegah peradangan memburuk. Mengolesi sariawan Anda dengan campuran madu dan susu kelapa atau dengan minyak kelapa sebanyak tiga hingga empat kali dalam sehari dapat Anda coba untuk mengatasi sariawan ini. Kelapa juga diyakini dapat membantu menyejukkan suhu tubuh yang pada beberapa kasus menjadi penyebab timbulnya sariawan.

  1. Kantung teh bekas
Baca Juga:  Jangan Makan Alpukat Berlebihan, Ini Efek Sampingnya!

Menempelkan kantung teh bekas selama kira-kira lima menit pada sariawan diyakini mampu membantu mengurangi rasa sakit yang Anda rasakan. Ini karena teh merupakan suatu zat basa yang dapat menetralisir keberadaan asam yang memperburuk rasa sakit akibat sariawan.

  1. Menghindari makanan asam

Makanan asam disinyalir mampu menyebabkan kerusakan permukaan suatu jaringan tubuh. Oleh karena itu, membatasi konsumsi makanan asam dapat membantu Anda mengurangi rasa sakit dan mencegah perkembangan kondisi sariawan jadi lebih buruk.

loading...
loading...