Albuca Spiralis, Tanaman Unik Punya Aroma Menenangkan


Pertanianku — Sudah mengenal tanaman albuca spiralis? Tanaman ini memiliki keunikan yang tidak dimiliki tanaman pada umumnya. Keunikan itu ada pada daunnya. Biasanya, daun pada suatu pohon bentuknya lonjong atau oval.

albuca spiralis
Foto: Google Image

Akan tetapi, tidak dengan daun albuca spiralis ini. Tanaman ini memiliki bentuk daun spiral. Karena itulah, tanaman unik ini dinamai albuca spiralis.

Tanaman ini termasuk keluarga asparagus yang berasal dari Afrika Selatan dan banyak ditemukan di Gurun Namibia, Afrika Selatan.

Daun spiral yang dimilikinya tidak selebar daun-daun pada umumnya. Ukurannya hanya 8 hingga 25 milimeter. Karena bentuknya yang unik, albuca spiralis sering dijadikan tanaman hias.

Mengeluarkan aroma yang menenangkan

Selain memiliki daun yang spiral, masih ada keunikan lainnya yang dimiliki tanaman ini. Albuca spiralis ternyata bisa menghasilkan aroma lembut yang dapat membuat Anda merasa lebih tenang dan nyaman.

Aroma yang dihasilkan ini berasal dari bunganya. Nah, bentuk bunganya pun unik, dimana terdapat empat kelopak yang mirip baling-baling, seperti helikopter. Karena itulah, tanaman ini juga dikenal dengan nama helicopter plant.

Aroma dari bunga ini menjadi lebih kuat pada cuaca hangat dan cerah. Meski demikian, tumbuhan ini tetap tumbuh aktif selama musim dingin.

Tak hanya itu, tanaman ini memiliki banyak nama, di antaranya spiral leaved albuca (albuca berdaun spiral), spiral albuca, slime lily, corkscrew albuca, dan sticky corkscrew lily.

Baca Juga:  Tanaman Hias Ini Mampu Menangkal Santet