Alpukat Terbesar di Dunia Laku Keras di Pasaran


Pertanianku — Buah alpukat umumnya memiliki ukuran sebesar telapak tangan manusia, namun berbeda dengan avozilla. Buah yang diklaim sebagai alpukat terbesar di dunia ini memiliki ukuran hampir sebesar kepala manusia. Buah jumbo yang mulai dijual di pasar Australia ini diminati banyak pembeli.

alpukat terbesar di dunia
Foto: Pixabay

Avozilla selalu ludes terjual saat pertama kali dipasarkan. Rata-rata berat sebuah avozilla berkisar 1,2 kilogram (kg) atau setara empat hingga enam buah alpukat ukuran biasa. Satu buah avozilla ini dapat disajikan untuk 20 porsi hidangan roti panggang.

“Yang terbesar yang pernah saya timbang adalah 1,73 kg,” kata manajer buah tropis dan eksotis di Mercer Mooney, Cameron Perna, dikutip dari 7 News. Mercer Mooney merupakan satu-satunya distributor avozilla untuk kawasan Perth, Australia Barat.

Rasa buah avozilla ini sebenarnya tak jauh berbeda dari kebanyakan buah alpukat. Daging buah avozilla yang lembut serupa dengan jenis alpukat hass. Avozilla sebenarnya berasal dari sebuah perusahaan di Afrika Selatan yang membagikan bibit kepada para petani di Australia.

Seorang petani avozilla, Ian Groves mengatakan, avozilla ini merupakan hasil panen pertama sejak mulai dikembangbiakkan pada 10 tahun lalu. Ia bercerita, avozilla berasal dari sebuah pohon percobaan.

“Ketika ada pembibitan, kami membeli banyak bibit dan menanam banyak alpukat 10 tahun lalu. Mereka (perusahaan Afrika Selatan) memberi kami satu pohon sebagai percobaan,” kata Groves kepada Guardian.

Sekitar empat tahun kemudian, Groves memutuskan untuk memperbanyak avozilla dengan menanam sekitar 400 pohon. “Empat tahun setelah itu mereka tumbuh dan ini adalah hasil dari panen pertama,” ujar dia.

Dilaporkan Metro, perusahaan asal Afrika Selatan itu masih memiliki hak cipta terhadap buah avozilla. Siapa pun yang ingin menumbuhkan buah ini mesti mendapatkan izin dan membayar royalti ke perusahaan tersebut.

Baca Juga:  Kapan Pemupukan Tanaman Cabai yang Paling Tepat?

Harga satu kilo avozilla mencapai US$14,99 atau sekitar Rp215 ribu. Sebagai perbandingan, di Indonesia, satu kilo alpukat berkisar sekitar Rp50 ribu.