Amankah Penderita Kolesterol Mengonsumsi Daging?

Pertanianku – Kolesterol merupakan salah satu penyakit yang disebabkan karena berlebih mengonsumsi makanan yang berlemak seperti daging.

Amankah Penderika Kolesterol Mengonsumsi Daging?

Pada mulanya kolesterol berguna sebagai sumber energi, membentuk dinding sel-sel dalam tubuh, dan sebagai bahan dasar pembentukan hormon-hormon steroid. Namun, apabila kadarnya dalam tubuh terlalu tinggi, maka dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.

Loading...

Para penderita kolesterol biasanya akan menghindari makanan lemak, yang sebagian besar bersumber dari daging. Ternyata, penderita kolesterol sebenarnya tidak dilarang untuk mengonsumsi daging. Terlebih saat Hari Raya Idul Adha yang telah kita lewati, tentu mayoritas olahan sajian akan berbahan dasar daging merah. Jika Anda adalah penderita kolesterol, tak perlu gigit jari. Berikut akan diulas cara-cara pengolahan daging yang aman bagi penderita kolesterol.

  • Pilih daging yang rendah lemak

Supaya tetap dapat menikmati sajian berbahan dasar daging, pilihlah daging yang kandungan lemaknya rendah. Misalnya, daging dari bagian dada atau paha. Sebaliknya, jangan mengonsumsi daging yang dekat dengan tulang karena biasanya mengandung lemak yang lebih banyak.

  • Buang air rebusan pertama

Masih ragu apakah bagian daging yang ingin Anda rendah lemak? Jangan buru-buru memberi bumbu pada olahan daging Anda. Namun, lakukan dua kali perebusan daging. Pertama, rebus daging selama 30 menit tanpa bumbu lalu buanglah air rebusan tersebut. Kedua, rebus kembali daging tersebut dengan menggunakan campuran bumbu sesuai selera.

Baca Juga:  Kerupuk Tulang Lele, Ide Bisnis yang Lezat
Loading...
Loading...