Ampas Kecap Ampuh Atasi Diabetes


    Pertanianku – Ampas kecap merupakan limbah padat dari sisa-sisa pengolahan kecap. Selama ini ampas kecap dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai campuran jajanan pasar atau kudapan. Dan beberapa masayarakat juga memanfaatkannya sebagai pakan ternak.

    Ampas Kecap Ampuh Atasi Diabetes

    Melihat hal tersebut lima mahasiswa Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya, Malang yakni Risalia Nur Rahmah Anugrah, Zulfa Nur Inda Kumala, Velarida Esa Sakti, Peppy Tri Susanti, dan Sujatmiko dengan Dosen yang membimbing Novita Wijayanti, melakukan penelitian terhadap senyawa bioaktif yang terdapat dalam ampas kecap yang memiliki potensi sebagai antihiperglikemia bagi penderita diabetes.

    Ampas kecap yang berasal dari kedelai hitam diduga memiliki kadar antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan pada kedelai hitam berupa antosianin yang didapat dari pigmen hitam pada kedelai hitam. Selain itu, senyawa antioksidan lain yang terdapat pada ampas kecap adalah isoflavon.

    Isoflavon banyak dijumpai pada makanan olahan kedelai yang berfermentasi seperti tempe dan kecap. Untuk mengeluarkan senyawa senyawa bioaktif tersebut dilakukan dengan menggunakan ekstraksi modern yaitu ekstraksi dengan gelombang ultrasonik atau disebut dengan ultrasound assisted extraction.

    “Ekstraksi menggunakan metode ini memiliki keunggulan yaitu waktu ekstraksi yang digunakan lebih singkat hanya sekitar 15-25 menit. Hasil ekstrak yang dihasilkan lebih banyak. Dan tidak menggunakan panas sehingga kandungan senyawa biaoktif pada ampas kecap tetap terjaga.” ungkap Risalia ketua tim penelitian tersebut.

    Ekstrak ampas kecap dihasilkan kemudian dipekatkan dan diujikan secara invivo pada hewan percoba yaitu tikus wistar jantan yang sebelumnya telah dikondisikan diabetes mellitus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi diabetes mellitus pada tikus wistar jantan dapat diturunkan.

    “Penelitian ini merupakan penelitian tahap awal dan harapan kedepannya penelitian ini dapat dilanjutkan dan dikaji lebih dalam mengenai efektivitas ampas kecap terhadap pendeita diabetes secara langsung dan semoga penelitian ini dapat bermanfaat bagi masyarakat,” jelas Velarida salah satu anggota tim penelitian.

    Baca Juga:  Indonesia Jadi Jalur Migrasi Burung Pemangsa
    loading...
    loading...