Ampuh! Cara Menyembuhkan Bubul Kaki Ayam Aduan


Pertanianku Bubul kaki ayam aduan disebabkan oleh infeksi pada bagian kaki (pada awalnya), bisa dikatakan juga kanker ganas. Akibat dari penyakit bubul, yaitu berat badan ayam menurun drastis pada satu sampai 2 minggu terhitung dari terjangkitnya infeksi. Selain itu, ayam akan hilang selera makan.

Bubul kaki ayam aduan
Foto: Google Image

Kemudian, kaki ayam tidak bisa berfungsi dengan baik (pincang). Pada dasarnya, jika ayam sudah menghidap penyakit jenis ini dan yakin bubul sudah menyerang kaki ayam, 90% ayam tidak bisa diobati.

Jenis penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang mengakibatkan infeksi pada bagian kaki ayam. Oleh karena itu, jaga supaya ayam tidak terluka. Jangan sampai ada bagian benda tajam di sekitar kandang ayam. Walaupun penyakit ini mungkin terjadi pada genetik ayam indukan sebelumnya, tidak ada salahnya jika kita mengantisipasi terjadinya kesalahan pada kandang.

Jika Anda atau di kandang Anda menggunakan serbuk gergaji untuk alas (sebagai pengganti sekam), teliti lebih awal atau periksa kualitas serbuk gergaji tersebut. Jangan sampai banyak potongan kayu kecil yang tajam, walaupun sebesar tusuk gigi. Sebab, itu juga sangat membahayakan.

Akan tetapi, jika sudah terlanjur terjadi bubul di kandang Anda dan kebetulan masih dalam tahap awal, lebih baik Anda memisahkan ayam yang sakit tersebut untuk dikarantina sementara.

Ketika ayam sudah dipisahkan pada kandang karantina, lakukanlah penyuntikan secara berkala, atau setiap hari selama satu minggu, kemudian istirahatkan selama seminggu juga. Ulangi penyuntikan antibiotik selama seminggu tersebut. Untuk antibiotik, Anda bisa mencarinya di poultry shop terdekat, misalnya bisa menggunakan tinisol, gentamicyn, medoxyl LA, Penstrep atau lainnya.

Untuk penyuntikan, katakanlah Anda menggunakan Gentamicyn, maka bisa juga Anda menggunakan Gentamicyn (disuntik di dada sebelah kanan) dan B-Komplek (digunakan sebelah kiri) selama 7 hari berturut-turut.

Baca Juga:  Cara Paling Ampuh Atasi Lovebird Turun Tangkringan

Mensterilkan luka dan sebisa mungkin menjaga kebersihan luka pada kaki ayam juga sangat penting. Berikan alas kandang yang empuk supaya luka tidak bertambah parah. Pengobatan tergantung seberapa parah tingkat lukanya. Kalau sudah menganga lebar, sangat sulit disembuhkan. Tapi kalau masih kecil, kemungkinan masih bisa sembuh.