Ampuh, Turunkan Kolesterol dengan Jeruk Nipis


Pertanianku — Masalah kolesterol masih menjadi perbincangan bagi sebagian besar orang. Pasalnya, kolesterol kerap muncul dan dirasakan terutama pada seseorang yang berusia 45 atau 55 tahun. Namun jangan khawatir, Anda bisa turunkan kolesterol dengan jeruk nipis. Bagaimana caranya?

turunkan kolesterol jahat dengan jeruk nipis
Foto: Pertanianku

Untuk menurunkan kadar kolesterol, diperlukan waktu yang cukup lama. Terlebih lagi kolesterol merupakan salah satu penyebab yang memicu penyakit berbahaya seperti serangan jantung, stroke dan lainnya.

Memang benar, obat-obatan berbahan dasar kimia kini telah menjadi solusi cepat untuk mengatasi kolesterol. Akan tetapi, perlu Anda ingat bahwa efek sampingnya pun tidak dapat dihindarkan dan bisa saja malah menimbulkan masalah kesehatan baru di kemudian hari.

Sumber utama adanya kolesterol dalam tubuh ialah dari jenis makanan yang Anda konsumsi. Produk hewani menjadi salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan kolesterol secara alami.

Sementara itu, hati manusia juga menghasilkan kolesterol darah untuk menjalankan fungsinya. Dalam sebuah studi, sebanyak 75% kolesterol dalam tubuh berasal dari produksi hati dan 25% lainnya berasal dari makanan yang dikonsumsi.

Dengan demikian, menjaga kolesterol di dalam tubuh sangatlah penting, yaitu dengan menyeimbangkan lemak jenuh dan kolesterol yang terkandung dalam makanan. Sebab, cara tersebut merupakan langkah awal untuk mencapai diet dan gaya hidup sehat.

Cara kedua, yaitu menjaga kebugaran dan kesehatan dengan melakukan latihan fisik secara rutin. Sebenarnya, ada cara mudah untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda yang tentunya aman, yaitu dengan memanfaatkan jeruk nipis. Jeruk nipis mengandung zat bernama limonin glucosida yang berkhasiat menurunkan kadar kolesterol jahat.

Caranya, siapkan jeruk nipis segar yang telah dicuci bersih terlebih dahulu, lalu potong jeruk nipis dengan kulitnya menjadi 4 bagian. Setelah itu, masukkan ke gelas dan campur dengan air panas hingga penuh lalu tutup rapat. Tunggu kurang lebih 30 menit kemudian minum sampai habis. Lakukan cara ini dengan rutin setiap pagi dan malam hari.

Baca Juga:  Pernyataan LIPI Soal Bahaya Kertas Nasi
loading...
loading...