Ampuhnya Binahong Mengatasi Gagal Ginjal


Pertanianku – Penelitian yang dilakukan oleh Prof. Dr. Elin Yulinah Sukandar, Apt dan rekan di Sekolah Farmasi, Institut Teknologi Bandung membuktikan bahwabinahong dapat mengatasi gagal ginjal. Pada penelitian tersebut, Elin menginduksi tikus dengan n efrotoksik selama tiga hari. Tujuannya agar tikus mengalami gagal ginjal. Kemudian, Elin membagi 25 tikus dalam5 kelompok dengan kelompok 1 sebagai kontrol positif. Pada kelompok itu, Elin menginduksi n efrotoksik tanpa memberikan ekstrak binahong.

Binahong Ampuh Atasi Gagal Ginjal

Kelompok 2 menjadi kontrol negatif (normal), tanpa induksi nefrotoksikmaupun ekstrak binahong. Kelompok 3—5, Elin memberikan nefrotoksik dan ekstrak binahong d engan dosis masing-masing 50 mg, 100 mg, dan 200 mg per bobot tubuh selama 11 hari. Setelah itu, fungsi ginjal tikus diamati pada hari ke-4 dan ke-11 dengan mengukur kadar kreatinin serum tikus.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian ekstrak daunbinahong dalam tiga dosis berbeda mampu memperbaiki fungsi ginjal  tikus yang terlihat dari penurunan kadar kreatinin darah. Penurunan kadar kreatinin darah paling besar terjadi pada pemberian ekstrak daun binahong sebesar 100 mg/kg bobot tubuh. Penurunan kadar kreatinin tersebut terjadi karena adanya homeostasis, yaitu keseimbangan cairan di sekitar sel dengan ion hidrogen. Akibatnya, kerja ginjal membaik dengan pengontrolan asam basa tubuh melalui pembuangan urin. Elin menduga khasiat itu berkat kandungan flavonoid, saponin, kuinon, dan steroid (triterpenoid) pada binahong.

 

Sumber: Buku Daun Ajaib

 

Baca Juga:  Kegunaan Minyak Kelapa untuk Redakan Eksim