Analisis Usaha Telur Gurami

Pertanianku — Gurami merupakan ikan yang dapat dijual telurnya. Telur gurami berkemampuan bertahan hidup cukup bagus karena memiliki kandungan yolk yang tinggi. Oleh karena itu, telur ikan gurami dapat didistribusikan ke berbagai tempat. Namun, bagaimana sebenarnya analisis usaha telur gurami? Simak penjelasan berikut.

analisis usaha telur gurami
foto: pixabay

Dalam analisis usaha telur gurami, pengusaha membutuhkan indukan yang siap untuk dipijah yang akan menghasilkan telur. Investasi yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini adalah indukan, kolam tanah, serta ember atau baskom kecil. Siklus produksi telur gurami biasanya memerlukan waktu selama dua bulan. Harga indukan siap pijah berkisar Rp100.000 per ekor.

Untuk menghasilkan telur, Anda akan membutuhkan indukan sebanyak 3 ekor jantan dan 9 ekor betina. Jika pemijahan berhasil, telur yang akan dihasilkan akan sebanyak 6.000 butir per ekor induk betina. Jadi, jika ditotal semua akan mendapatkan 54.000 butir telur.

Loading...

Dalam melakukan usaha telur gurami Anda akan membutuhkan tenaga kerja dengan besaran gaji Rp800.000 per satu siklus. Harga pasaran telur ikan gurami adalah Rp70 per butir.

Biaya yang Anda butuhkan adalah sebesar Rp1.263.000 untuk satu periode produksi. Biaya tersebut sudah termasuk biaya tetap atau investasi seperti kolam, indukan, dan lain-lainnya yang dibagi menjadi per periode dan biaya variabel per satu periode seperti tenaga kerja, pakan, dan biaya lain-lainnya.

Jika dalam satu periode produksi telur yang didapat akan sebanyak 54.000 butir dengan harga Rp70 per butir, pendapatan kotor setiap periodenya berkisar Rp3.780.000. Untuk mendapatkan keuntungan atau laba bersih, pendapatan harus dikurangi total biaya. Hasilnya, keuntungan per satu periode produksi akan sebesar Rp2.517.000.

Jika dianalisis kelayakan usahanya, Break even point (BEP) untuk harga telur ikan gurami sebesar Rp23,4 per butir, dan BEP untuk produksi sebesar 18.043 butir telur. Artinya, jika telur yang dapat dihasilkan sebanyak 54.000 butir telur per satu periode, tetapi harga telur hanya sebesar Rp 23,4 per butir. Hasil yang didapatkan hanya baru bisa mengembalikan total biaya.

Baca Juga:  Sistem Filter yang Bisa untuk Akuarium Arwana

Atau, pada saat Anda hanya menghasilkan 18.043 butir telur pada satu periode produksi dengan harga Rp70,00 per butir, Anda baru mengembalikan total biaya tanpa ada keuntungan.

 

 

 

Loading...
Loading...