Anda Hobi Olahraga? Ini Jumlah Air yang Wajib Dikonsumsi


Pertanianku – Ketika berolahraga, tubuh akan kehilangan banyak ion. Oleh karena itu, dianjurkan minum air setelah berolahraga untuk mengembalikan ion dalam tubuh.

Ketika lelah berolahraga, seseorang pasti akan memiliki insting untuk langsung minum air. Sebenarnya minum air putih tak hanya penting ketika sehabis olahraga, tetapi juga sebelum dan saat berolahraga. Kurang cairan saat berolahraga bisa menyebabkan pusing, sakit kepala, lelah kram, dan lainnya.

Semakin banyaknya cairan yang diminum, tubuh akan semakin bertenaga dan berstamina untuk berolahraga. Lantas, berapa banyak air yang harus diminum ketika berolahraga?

Sebelum olahraga

Minum sekitar setengah liter air saat satu atau dua jam sebelum olahraga. Minum lagi sekitar 0,2 liter 15 menit sebelum olahraga.

Ketika olahraga

Minum sekitar 177 ml air setiap 15 menit sekali saat berolahraga. Jika Anda berolahraga dalam waktu yang lebih lama dan dalam cuaca yang panas, Anda bisa mengonsumsi sport drink atau minuman yang banyak mengandung elektrolit.

Sesudah olahraga

Timbang berat badan sebelum dan setelah olahraga. Untuk setiap pon (0,5 kilogram) penurunan berat badan, Anda harus minum sekitar setengah liter air mineral atau sport drink. Jangan sampai Anda kekurangan cairan atau kelebihan cairan saat berolahraga. Kelebihan cairan juga akan menyebabkan timbulnya masalah kesehatan.

Cara lain untuk mengecek apakah Anda masih kekurangan cairan atau kelebihan cairan adalah dengan melihat urine setelah berolahraga. Urine yang berwarna gelap dan pekat menandakan kurang minum. Sementara, urine yang terlalu jernih menandakan Anda kelebihan konsumsi air.

Baca Juga:  Minyak Kelapa dan Lemon Bantu Kecilkan Pori-pori Wajah
loading...
loading...