Anda Pelihara Burung? Jangan Asal Memilih Pakan Burung, Ya!

0

Pertanianku – Apakah Anda merupakan salah satu pecinta burung kicau? Seseorang pecinta burung biasanya akan mengikutsertakan burung kicau kesayangannya dalam kontes. Jika burung dipelihara memang dikhususkan untuk kontes, salah satu faktor pendukungnya adalah pemberian pakan yang berkualitas.

Faktor dalam memilih pakan untuk asupan nutrisi di dalam tubuh burung juga sangat penting sekali. Produk pakan burung memang banyak sekali, serta iming-iming dari produsen pakan pasti ada. Namun, sekarang pilihan ada pada Anda yang akan menggunakan pakan tersebut.

Oleh karena itu, terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika memilih pakan burung. Berikut uraiannya.

Lihat komposisi di label pakan

Untuk mengetahuinya, baca komposisi yang tertera di label kemasannya. Anda dapat membuka pakan, lalu ciumlah terlebih dahulu bau pakan tersebut. Pakan yang berkualitas akan beraroma segar karena mengandung nutrisi di dalamnya.

Ketika burung telah mengonsumsinya, perhatikan kotorannya. Jika kotoran burung encer, sebaiknya jangan memberikannya kembali pakan tersebut.

Khusus untuk pakan dari biji-bijian

Pertama buka bungkus pakan tersebut, kemudian taruh di tangan dan tiup pakan tersebut. Bila ada kotoran yang terbang akibat kita tiup. Disarankan jangan digunakan pakan tersebut. kemudian Jika dalam pakan tadi ada bentuk lain selain biji-bijian, ambil pakan tersebut kemudian rendam di dalam air dan tunggu beberapa jam. Kalau ada biji-bijian yang mengambang atau ada bahan selain biji-bijian menjadi membesar, sebaiknya jangan digunakan pakan biji-bijian tersebut. Sebab, sangat jelas akan tidak baik dikonsumsi burung kesayangan kita.

Yang perlu Anda ingat adalah jika Anda salah memilih suatu produk pakan burung, akibatnya akan fatal sekali. Sebab, bukan hanya mengandalkan rawatan yang tertib untuk membuat burung bekerja saat dilombakan, melainkan pemberian pakan berkualitas akan berdampak pada performa burung saat kontes.

loading...
loading...