Anda Pemula? Begini Cara Merawat Tanaman Janda Bolong


Pertanianku — Untuk membuat ruangan menjadi lebih sejuk, tidak jarang orang menambahkan tanaman hias yang juga berguna sebagai dekorasi, salah satunya tanaman janda bolong. Sudah tahukah Anda bagaimana cara merawat tanaman janda bolong?

janda bolong
Foto: Google Image

Bunga janda bolong memiliki nama Latin Monstera deliciosa yang berasal dari bagian selatan hutan tropis Meksiko. Secara umum, cara merawat bunga janda bolong tidak jauh berbeda dari cara merawat tanaman hias yang lainnya. Berikut ini cara merawat bunga janda bolong yang harus Anda ketahui.

  1. Suhu

Janda bolong memerlukan perhatian khusus dalam masalah suhu. Di siang hari, tanaman hanya akan bertahan pada suhu antara 23°C sampai dengan 30°C. Lalu, pada malam hari, janda bolong harus berada pada suhu ruangan setidaknya 15°C.

  1. Sinar matahari

Walaupun banyak orang yang menanam bunga ini di dalam pot dan meletakannya di dalam ruangan, pada dasarnya tanaman bunga ini tetap membutuhkan sinar matahari. Anda harus menaruh pot tanaman tersebut ke beberapa tempat yang terkena sinar matahari.

  1. Tanah

Tanah adalah hal yang sangat penting bagi tanaman untuk tumbuh. Sebab, dari sanalah tanaman dapat memenuhi kebutuhan air dan mineralnya sehingga jika tanah yang digunakan tidak dalam kondisi baik, sudah dapat dipastikan tanaman tidak akan tumbuh dengan baik. Anda harus mencampur tanah dengan pasir dan juga kompos dengan perbandingan 1:1:1.

  1. Penyiraman

Penyiraman yang disarankan untuk perawatan adalah dilakukan dua kali dalam satu hari, pagi dan sore hari. Sangat tidak disarankan untuk menyiram tanaman pada siang hari karena dapat mengganggu proses fotosintesis yang sedang dilakukan tanaman.

  1. Pupuk

Selain memerhatikan keadaan tanah, memberikan pupuk merupakan hal yang harus dilakukan dalam perawatan janda bolong. Pupuk membuat tanaman tumbuh semakin subur dan berbunga semakin cantik. Pupuk biasanya diberikan saat awal-awal penanaman sebagai pupuk dasar dan pada saat tanaman sudah besar sebagai pupuk lanjutan.

  1. Gulma
Baca Juga:  Jenis Aglaonema yang Punya Nilai Tinggi

Perawatan terakhir yang bisa Anda lakukan agar tanaman bunga janda bolong tumbuh secara maksimal adalah dengan memerhatikan keadaan sekitarnya. Pastikan di sekitar tanaman bunga janda bolong tidak ada gulma. Gulma sangat berbahaya bagi tanaman karena mereka dapat menyerap air serta nutrisi yang seharusnya diserap oleh tanaman Anda.