Anda Penderita Maag? Jangan Sekali-sekali Makan Nangka!

0

Pertanianku – Nangka termasuk salah satu buah yang banyak disukai masyarakat. Rasanya yang semanis madu ketika matang memang selalu membuat Anda tergoda. Bahkan, nangka yang masih mentah sekalipun dapat dikonsumsi. Namun, nangka mentah harus melalu proses masak dulu sebelum dikonsumsi.

Nangka adalah buah berdaging serat yang memiliki bau dan rasa yang khas. Daging buah ini mempunyai zat tepung dan buah ini juga dikenal bermanfaat bagi kesehatan.

Namun tahukah Anda, meski nangka kaya akan kandungan vitamin C dan A yang baik buat kesehatan mata, ternyata buah bernama Latin Artocarpus heterophyllus ini tidak boleh dimakan oleh penderita maag. Kenapa demikian?

Menurut sebuah riset, buah nangka termasuk buah yang memiliki kandungan serat tergolong asam yang tinggi sehingga zat tersebut merangsang produksi asam lambung lebih banyak. Jika dikonsumsi oleh penderita maag, ia dapat merasakan perih dan nyeri.

Tak hanya itu, karena serat yang tinggi itu juga, penderita maag atau gastritis sebaiknya tidak makan nangka karena bisa membuat lambung bekerja ekstra.

Dokter Alberta Jesslyn Gunardi BMedSc menjelaskan, meski dari tingkat keasaman buah nangka hanya 5,8 yang artinya tidak terlalu asam, buah ini masih tergolong asam, yang dapat meningkatkan produksi gas dalam saluran cerna.

“Sehingga perut Anda akan terasa kembung. Oleh karena itu, sebaiknya penderita maag, jangan mengonsumsi buah nangka,” kata Alberta lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan Bachelor of Medical Science dari Monash University.

Jadi, jika Anda menderita sakit maag, kata Alberta, sebaiknya hindari makan buah nangka meski dalam kadar yang rendah.

“Apabila Anda tetap bersikeras, jangan kaget jika sakit maag Anda dapat bertambah parah,” ungkap Alberta seperti dilansir dari dailymail.

loading...
loading...